SEO Tools

7+ SEO Tools Gratis untuk Mencari Kata Kunci Populer

Smarteen.co.id — Perubahan sistem bisnis di era komputer/digital mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat cepat. Jika kamu memiliki suatu usaha bisnis, maka kamu harus memikirkan strategi penjualan online untuk menawarkan produk yang dimiliki supaya bisa terus bersaing dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif.

Strategi pemasaran sendiri ada berbagai macam, tetapi yang paling utama adalah: Kamu harus bisa menetapkan apa saja capaian (goal) yang ingin diperoleh. Untuk menentukan capaian suatu perusahaan, kamu perlu membuat pertimbangan terkait tiga hal, yaitu adaptasi terhadap perubahan dan teknologi baru, menentukan capaian yang realistik, dan senantiasa up to date.

Namun, sebelumnya kamu harus menentukan apa saja capaian yang ingin diraih oleh perusahaan, apakah ingin melakukan penjualan produk dalam jumlah yang lebih banyak, menjual layanan yang premium, atau lebih banyak menawarkan varian produk .

Di awal, kamu harus menyusun perencanaan bisnis. Dalam hal ini terdapat banyak sekali komponen yang perlu dipersiapkan. Jika kamu ingin menjalankan strategi bisnis online, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Di antaranya adalah media sosial, website, email untuk marketing, dan ditambah Google My Business. Hal ini penting jika kamu ingin mulai menjual produk secara daring, tetapi tanpa website. Meski begitu, website bisa dianalogikan sebagai suatu ruang tempat tinggal (rumah) bagi suatu unit usaha.

Nah, untuk meningkatkan peringkat pencarian pada Google, salah satu cara yang cukup mudah sekaligus gratis untuk diterapkan adalah lewat pencarian manual pada mesin pencari paling populer sekarang ini, Google. Istilah ini disebut juga sebagai organic search.

Dalam pembahasan ini, kita akan mengulas satu hal paling penting terkait organic search Google, yakni keyword alias “kata kunci”. Keyword punya peran yang amat urgen dalam proses penyebaran informasi terkait usaha kamu.

Apabila usaha dan produkmu dipasarkan melalui ulasan pada website dengan konten yang memuat kata kunci paling banyak dicari pelangan, maka tidak heran lagi jika usahamu akan mengalami kenaikan yang siginifikan dan menjadi suggestion page/website pertama dalam laman pencarian Google.

Pada dasarnya setiap website perlu memiliki keyword-keyword penting yang paling banyak dicari oleh para pelanggan dan paling berhubungan dengan produk yang ditawarkan, dalam jumlah sebanyak-banyaknya.

Terdapat dua teknik untuk melakukan pengoptimalisasian pencarian keyword website oleh situs Google, yakni SEO atau Search Engine Optimization dan SEM atau Search Engine Marketing. Kali ini, kita akan mengulas secara lebih mendalam tentang SEO, dan inilah 10 SEO tools gratis yang dapat dipakai untuk mencari keyword sekaligus optimalisasi website kamu.

SEO Tools
Sumber gambar: Cloudways.com

1. Google Keyword Planner

Tools bernama Google Keyword Planner ini mampu bekerja secara maksimal apabila kamu mengombinasikannya dengan Google Ads. Secara umum, platform ini bisa digunakan untuk menganalisis sekaligus mencari keyword yang tepat, dan kemudian diiklankan di Google Ads.

Meski begitu, platform ini juga dapat digunakan sebagai SEO tool, sebab ia mempunyai akses data indeks keyword yang lengkap dari Google. Laporan insight dari platform ini juga begitu cocok untuk digunakan dalam proses menentukan strategi konten pemasaran bisnis. Kamu bisa memperoleh ide keyword yang relate dengan produk dan website kamu, juga volume keyword pada Google search.

2. Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah platform yang diberikan oleh Google secara gratis. Tools ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai analytic, seperti memonitor, melihat, dan mengatur performa website, traffic, indeksasi, backlink, juga menyelesaikan masalah keyword yang berkaitan dengan Google search.

Fitur utama yang dimiliki oleh Google Search Console adalah mampu melakukan pengukuran bagaimana performa suatu keyword yang sedang dipakai pada sebuah website. Sehingga, bisa dikatakan bahwa fitur ini amat penting untuk melakukan evaluasi sekaligus menentukan keyword yang akan dipakai selanjutnya pada website demi dapat mengoptimalisasi SEO.

3. Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu platform SEO tools yang paling lengkap. Pada platform ini, terdapat berbagai data penting yang dibutuhkan dalam jumlah yang amat banyak. Data-data ini dapat digunakan sebagai bahan analisis untuk proses riset secara lebih lanjut.

Google Analytics menyediakan beragam data SEO website, salah satunya adalah data terkait bagaimana pengunjung melakukan interaksi dengan website. Di samping itu, ada juga berbagai laporan yang bisa kamu manfaatkan dari data-data pengunjung website. Data tersebut telah dilengkapi dengan grafik secara lengkap, mulai dari jenis kelamin, lokasi, keyword paling banyak diakses, topik paling diminati, dan sebagainya.

4. Google Trends

Platform ini bisa digunakan untuk membantu kamu dalam proses riset keyword. Hal ini karena Google Trends mampu membandingkan beberapa keyword yang ada dengan berbagai artikel terbaru yang dimiliki. Di samping itu, Google Trends juga mempunyai grafik yang memuat data keyword paling sering diakses dan ditelusuri dari seluruh dunia.

Tak hanya itu, pada Google Trends juga terdapat arsip indeks keyword yang sangat lengkap dari data beberapa tahun yang lalu, dan telah diindeks Google. Kamu bisa melakukan filter berdasarkan search history, lokasi, maupun kategori.

Menariknya, platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset pada data yang tengah dipakai untuk menunjukkan hal yang menyebabkan ketertarikan sekaligus dari mana saja para pengunjung website berasal.

5. Wordtracker

Wordtracker adalah platform paket lengkap yang sangat berguna. Hal ini karena platform Wordtracker ini bisa dipakai sebagai tool research pemasaran atau keyword berbasis pay per click sekaligus SEO tools. Tools ini bisa menampilkan berbagai rekomendasi keyword yang jauh lebih akurat sebab sebelumnya tidak disederhanakan terlebih dahulu.

Di samping itu, Wordtracker juga mampu memperlihatkan perbandingan antara hasil pencarian (SERP), arsip penyimpanan keyword yang sudah dimasukkan, serta pencarian kata kunci yang berhubungan (related keywords). Nilai tambahnya, platform ini telah dilengkapi dengan tampilan dan user interface yang sederhana dan mudah dimengerti.

6. AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

Alat ini cukup membantu dalam upaya menemukan sekaligus menyusun keyword yang tepat untuk website. Maka, platform AdWord & SEO Keyword Permutation Generator ini bisa dipakai untuk menetapkan keyword yang berkaitan dan sesuai dengan konten. Selain itu, tools ini juga bisa dihubungkan dengan Google search.

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator mampu menyusun sekaligus memberikan rekomendasi keyword alternatif untuk dipakai dalam optimalisasi SEO. Meski begitu, untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu perlu mengombinasikan alat ini dengan alat lainnya dalam upaya menentukan keyword website.

7. Keywordtool.io

Keywordtool.io dapat dipakai untuk menemukan sekaligus menentukan long tail keyword. Secara umum, long tail keyword dapat dipahami sebagai kata kunci yang jauh lebih tertarget secara  spesifik, sekaligus mempunyai tingkat persaingan yang rendah dengan kata kunci lainnya, sehingga dengan menggunakan long tail keyword kemungkinan kamu bisa memperolehperingkat yang lebih baik di pencarian Google.

8. KWFinder

KWFinder mampu memberikan pemahaman terkait keyword dan SEO secara lebih sederhana. Intinya prinsip SEO adalah memperoleh keyword yang punya tingkat persaingan rendah, tetapi dengan volume pencarian yang tinggi.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menebak keyword yang tepat. Tidak mudah memang, tetapi alat ini amat cocok untuk dipakai oleh para pemula yang tengah belajar tentang SEO dan mulai mengimplementasikan keyword pada website.

9. Moz

Tools ini bisa kamu pakai untuk melakukan proses inbound marketing. Ia memiliki fitur bernama Mozbar yang bisa membantu perbaikan website. Fitur ini mampu melakukan pengukuran tingkat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) pada website.

Pengukuran ini bisa diimplementasikan secara langsung, dan hasil perbandingannya dengan website lain akan terlihat langsung ketika kamu sedang melakukan pencarian kata kunci maupun website di Google search. Di samping itu, Moz juga punya tampilan yang amat user friendly, sehingga mudah digunakan.

10. LSI Keywords

Platform ini bisa memberikan kamu bantuan untuk mendapatkan kata-kata apa saja yang masih berkaitan dengan artikel/topic/konten pada website kamu. Jadi, platform ini tidak hanya membahas soal cara menemukan keyword yang tepat, tetapi juga membantu mencari keterkaitan keyword utama dengan topik lain yang masih berhubungan. Sehingga ketika konten diindeks, Google akan mendapatkannya melalui konten-konten relevan bagi pengguna.

Lewat tools ini juga, kamu bisa memasukkan sampai 10 kata kunci sekaligus. Selanjutnya, LSI Keyword akan memberi rekomendasi keyword yang berkaitan lengkap dengan uraian analisis jumlah penelusuran perbulan, persaingan SEO, dan rate CPC. Rekomendasi ini bisa kamu pakai untuk menguatkan relevansi konten yang dimiliki dengan keyword pada mesin pencari.

Demikian ulasan mengenai alat-alat yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan performa website kamu, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan jika kamu melakukan suatu usaha. Jika tidak, dengan performa website yang baik, kamu juga bisa meraih penghasilan dari Google Adsense. []

About Ibnu Majah

Check Also

Fitur Iphone Menarik yang Bisa Kamu Coba

Smarteen.co.id – Adanya berbagai fitur iphone yang menarik menjadi salah satu pertimbangan banyak orang ketika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *