Home / NETIZEN / FIKSI

FIKSI

CERPEN REMAJA: Senja dan Harapan Karya Fatimah Novi Hanggrahini

cerpen remaja

Smarteen.co.id — Aku berdiri di bawah sayup-sayup senja. Angin laut mulai merasuk ke dalam tubuhku, menembus tulangku. Namun, tidak kupedulikan hal itu. “Senja, hari sudah petang, kamu nggak mau pulang?” Diana mengagetkanku. “Ah, Diana. Sejak kapan kamu di sini? Bikin kaget saja.” Diana adalah sahabatku, memiliki lesung pipit yang membuatnya …

Read More »

CERPEN REMAJA ISLAMI: Bintang Pesantren Oleh Luthfiah Nabiila

Cerpen Islami

Smarteen.co.id — “Apa? Mondok? Nggak mau!” “Ayolah, Nduk, toh ini untuk masa depanmu juga.” “Di sana tuh pada kudet orangnya. Kerudungnya aja pakai taplak meja, harus pakai kaos kaki lah, bercadar lah, norak!” “Astagfirullah, Nduk, itu namanya aurat, jadi harus ditutupi. Kamu nggak mau kan lihat Bapak diseret ke neraka …

Read More »

CERPEN: Kenangan Senja

senja

Smarteen.co.id — Sukses itu bukan soal kita menang atau mendapat nilai tertinggi, tapi soal kita bisa memberikan yang terbaik dan membuat mereka yang kita sayangi bahagia. Bangga akan diri kita. Aku senang setiap menatap senja. Aku dan ayah selalu duduk berdua di kursi teras depan rumah. Sambil menunggu azan magrib, …

Read More »

CERPEN: My Name Is Margareth

Smarteen.co.id — Kilau mentari pagi menerpa tubuh mungilku. Udara segar pedesaan dan langit luas yang terbentang indah menjadikan pagiku kian bermakna. “Aku Margareth, aku seorang muslim,” kalimat yang sering terucap dari mulutku. Menjadi kesimpulan atas pertanyaan orang tentang diriku. *** Empat tahun lalu, saat aku masih SMA. Aku adalah murid …

Read More »

CERPEN: Cintaku untuk Si Manis

Smarteen.co.id — Aku Ina. Seorang siswi SMK kelas XII di kota Sragen. Sebagai murid yang tinggal dekat dengan sekolah, aku selalu menikmati berangkat ke sekolah dengan jalan kaki. Tiap pagi, ada sesuatu yang menambah semangatku untuk bersekolah. Seorang lelaki saleh yang membuatku kagum, kagum dengan segala hal tentangnya. Kak Hanad, …

Read More »

CERPEN: Pesan untuk Seseorang yang Telah Mengajariku Cara Menjadi Lebih Kuat

Smarteen.co.id — Sayonara, bagaimana aku bisa mengungkapkannya, sementara konstelasi dirimu sedang dalam bayangku. Saat senja memantulkan cahayanya melalui jendela kaca koridor utara sekolah, seolah itulah pesan Ilahi kepadaku. Ia ingin menunjukan sesuatu. Entah apa itu, aku tidak memahaminya sebelum ini. Berjalan tegap, dengan tatapan teduh yang tertuju pada arah langkah …

Read More »

CERPEN: Aku dan Jilbab di Kepalaku

“…Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudungnya ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya)…” [Q.S An Nur (24): 31] Smarteen.co.id — “Ih, nggak banget! Kayak ibu-ibu mau kondangan!” sindir Viona. “Ho’oh, jadi kelihatan nggak modern banget,” lanjut Vanny. “Jangan-jangan dia sekolah sini gara-gara dibayarin majikannya. Dia kan anak pembantu,” Melany ikut …

Read More »

CERPEN: Sosok Inspirasi?

inspirasi

Smarteen.co.id — Kayra, gadis kelas XI SMA Ganesha itu resmi hijrah, memakai kerudung, meski awalnya ragu. Hijrahnya terasa sulit, lebih-lebih ada tanggapan negatif dari teman-temannya. “Toh, kapan lagi aku berubah jika bukan sekarang? Ya, sebelum dosaku banyak,” motivasinya mantap. Di balik hijrahnya, ada seseorang yang menginspirasi Kayra. Seorang adik kelas …

Read More »

CERPEN: Cara Terbaik Menyalurkan Rindu

Smarteen.co.id — Langit hitam pekat menghiasi Kota Surabaya. Matahari pun enggan menampakkan dirinya walau hanya sekejap saja, gulungan awan-awan hitam seakan siap menumpahkan isinya ke bumi Surabaya. Pagi ini rasanya aku begitu malas pergi ke sekolah. Namun pesan ayahku kala itu selalu berhasil menggugah semangatku. “Key, perempuan itu harus sekolah …

Read More »