Home / GADGET / Tips Memotret Binatang yang Sedang Terbang

Tips Memotret Binatang yang Sedang Terbang

Smarteen.co.id — Di taman, atau di alam raya ini, ada banyak binatang berkeliaran. Beberapa di antara mereka terbang ke sana kemari. Tampak indah. Nah, apakah Sobat pernah berangan-angan untuk mengabadikan momen tersebut? Memotret binatang yang beterbangan? Hm, sepertinya menarik sih, tapi susah nggak, ya? Yuk coba tips fotografi binatang terbang berikut ini!

Untuk memotret binatang terbang, tentu membutuhkan posisi yang baik. Kamu perlu mengatur posisi berdiri dengan membuka kaki selebar bahu dalam sikap yang kokoh. Lalu, jaga posisi siku agar tetap tegak dan hanya izinkan bagian atas tubuh—dari pinggang ke atas saja yang boleh berputar saat mengikuti objek yang bergerak.

Kamu juga bisa mengatur fokus dengan predictive auto-focus (AI Servo pada kamera SLR Canon), supaya lensa dapat melacak subjek yang bergerak dan menjaganya tetap fokus setiap saat.

BACA JUGA: Tips Dasar Fotografi Bawah Air (Underwater)

Kemudian, untuk mendapat hasil foto yang detail dan beku, menggunakan lensa makro adalah pilihan tepat. Lensa makro didesain untuk mengambil gambar berukuran kecil, dengan jarak tembak yang lumayan jauh.

memotret burung

Sementara itu, untuk pengaturan kamera secara umum, Sobat bisa perhatikan beberapa hal ini. Pertama, atur kamera dengan format RAW (ini berguna saat proses editing nanti, karena kita dapat mengoreksi warna dengan mudah).

Kedua, atur kecepatan Shutter sesuai kecepatan si binatang terbang. Jika itu adalah serangga, di atas 1/1000. Sementara untuk Aperture, gunakan bukaan yang cukup untuk merekam bagian dari POI—sesuaikan dengan besar kecilnya serangga, sekitar f/7.1 sampai f/11 untuk mendapatkan ruang tajam yang cukup luas .

BACA JUGA: Tips dan Trik Membuat Foto yang Seolah-olah Tampak Melayang (Fotografi Levitasi)

Selanjutnya, gunakan ISO yang sesuai dengan kondisi, agar hasil foto tidak under ataupun over. Jangan lupa, gunakan pula modus Continous Shooting agar bisa menangkap beberapa frame sekaligus dan tak ketinggalan momen.

Membuat komposisi objek yang bergerak memang sulit dan butuh kesabaran. Maka, berilah objek ruang yang cukup dalam bingkai kamera kamu, sehingga seolah-olah objek bebas bergerak dalam bingkai kamera. Ini akan lebih memudahkan untuk memotretnya. []

About Ibnu

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *