Home / GADGET / Tips Dasar Fotografi Bawah Air (Underwater)

Tips Dasar Fotografi Bawah Air (Underwater)

Fotografi Underwater

Smarteen.co.id — Kalau kamu suka menyelam (diving), pasti kamu ingin sekali ‘membawa’ pemandangan indah di dalam air ke daratan, kan? Di sini, keberadaan kamera menjadi sangat penting. Ia lah yang mampu mengabadikan panorama indah di dalam air.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dasar untuk mengambil foto di dalam air (fotografi underwater) yang perlu Sobat ketahui. Jadi, kalau punya kesempatan buat diving, bisa langsung dipraktikkan.

Harus Bisa Menyelam (Diving)

Pertama, pelajari teknik diving. Kamu kan ingin memotret di dalam air, ya tentu harus bisa menyelam. Pastikan kamu memiliki pelatih atau setidaknya pendamping yang cukup expert untuk menyelam, ya.

Siapkan Kamera yang Proper

Setelah bisa menyelam, siapkan kamera yang sesuai. Ya, memotret di dalam air tentu wajib menggunakan kamera tahan air (waterproof). Jika ingin menggunakan kamera biasa, pastikan melengkapinya dengan case waterproof yang benar-benar dapat melindungi kamera kamu.

Siapkan Juga Lampu Flash

Saat sudah mulai praktik, jangan lupa untuk menambahkan strobe eksternal (flash), apalagi jika kamu menyelam di perairan yang dalam. Sebab, semakin jauh dari permukaan, maka tempat itu akan kian minim cahaya. Jika masih pemula, sebaiknya di perairan yang tak terlalu dalam dulu, ya!

Mengatur White Balance Pada Kamera

Kemudian, kamu juga harus mengatur White Balance dengan benar. Hal ini diperlukan karena semakin dalam kamu melakukan pengambilan objek foto, maka warna aslinya juga akan kian hilang. Jadi, kamu bisa menggunakan Ambient Light atau Flash Light.

Mengatur Kamera Pada Mode RAW

Menggunakan Ambient Light berarti mengandalkan cahaya matahari yang masuk melalui permukaan air. Di sini, mengatur kamera pada mode RAW akan lebih baik, sebab nanti akan memudahkan saat proses editing. Jika menggunakan Flash Light, kamu perlu tahu color temperature dari lighting yang digunakan.

Mengatur Kamera Pada Mode Auto WB

Jika kamu mengambil gambar objek dari jarak dekat, ada baiknya untuk mengatur kamera pada mode Auto WB. Bisa juga menggunakan mode WB pada sunny atau flash, karena memiliki temperature di kisaran 5500K.

Selain itu, masih banyak tips lain yang bisa kamu coba saat melakukan fotografi underwater. Intinya, kamu harus bisa menjaga diri dan kamera sekaligus, serta mendapatkan momen yang tepat! []

About Ibnu

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *