sumber foto: unsplash.com

Cara Simpan Daging Agar Tahan Lama

smarteen – Momen Iduladha pasti identik dengan daging kurban. Nah, kalau kebetulan keluarga kamu dapat banyak daging dan nggak bisa memasaknya sekaligus, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu. Namun, caranya harus benar ya, agar daging awet dan tidak cepat rusak.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menyimpan daging kurban agar tahan lama dan tetap enak saat dimasak!

  1. Jangan Cuci Daging

Untuk daging yang akan segera dimasak, kamu memang perlu mencucinya dulu. Namun, jika daging akan disimpan, jangan pernah mencucinya. Mencuci daging dapat menimbulkan bau tak sedap saat disimpan. Selain itu, air yang terserap ke serat daging juga akan membuat kualitasnya menurun.

  1. Iris Daging Kecil-Kecil

Sebelum disimpan, sebaiknya kamu iris daging tersebut menjadi ukuran kecil-kecil. Jika perlu, kamu bahkan bisa mencincangnya. Selain menghemat ruang, daging yang sudah diiris kecil-kecil juga akan lebih mudah dikeluarkan saat akan dimasak nantinya.

  1. Masukkan Dalam Wadah Tertutup

Setelah diiris kecil-kecil, daging kurban harus dimasukkan dalam wadah tertutup yang kedap udara. Misalnya, kamu bisa menggunakan plastik zip lock bag, atau wadah lainnya. Sebaiknya kamu juga membagi daging jadi beberapa wadah, jangan dijadikan satu. Wadah kedap udara akan meminimalisir paparan udara dan kelembapan di sekitar daging, sehingga tidak mudah terkontaminasi.

  1. Simpan di Dalam Kulkas atau Freezer

Untuk daging yang hendak dimasak tiga hari atau satu pekan ke depan, bisa dimasukkan dalam kulkas. Namun, jika ingin menyimpan lebih lama, masukkan daging dalam freezer. Pastikan suhu kulkas di bawah 4 derajat celsius dan suhu freezer di bawah -18 derajat celsius. Dengan demikian, pertumbuhan mikroba pada daging akan berhenti, sehingga kesegaran daging dapat terjaga. Daging yang disimpan dengan tepat di freezer bisa tahan sampai setahun, lho.

  1. Cairkan Daging Sehari Sebelum Dimasak, dan Jangan Dibekukan Lagi

Saat ingin memasak daging yang sudah membeku setelah lama disimpan dalam freezer, ambil sehari sebelumnya dan diamkan hingga mencair. Nah, perlu diperhatikan juga untuk daging yang sudah pernah dibekukan, lalu dicairkan, jangan pernah menyimpannya lagi. Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan bisa menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk. <Dari Berbagai Sumber>

 

 

About Eni Widiastuti

Check Also

Tips Mix and Match Pakaian Lama

Sobat! Ada banyak trik buat mix and match pakaian-pakaian lama biar tampak fresh lagi ketika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *