Yayasan Nur Hidayah

Kurban di Yayasan Nur Hidayah Surakarta Total 13 Sapi dan 62 Kambing

Smarteen.co.id – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nur Hidayah Surakarta menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban secara serentak, Selasa (18/6/2024). Bertempat di masing-masing sekolah, kecuali PAUD IT Nur Hidayah.

Sementara Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Anak (LKSA) Nur Hidayah melaksanakan penyembelihan pada hari Senin (17/6/2024). Adapun Ponpes Nur Hidayah melaksanakan penyembelihan pada Rabu (19/6/2024).

Tahun ini PAUD IT Nur Hidayah menyalurkan hewan kurban ke Eromoko, Wonogiri, sebanyak 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Perwakilan PAUD IT Nur Hidayah mengantarkan langsung hewan kurban ke Dukuh Kragilan, Tempurharjo, Eromoko, Wonogiri.

Total hewan kurban PAUD IT Nur Hidayah ada 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Sementara itu, SD IT Nur Hidayah menyembelih 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing, SMP IT Nur Hidayah 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing, SMA IT Nur Hidayah 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, LKSA Nur Hidayah sebanyak 2 ekor sapi dan 24 ekor kambing

SD IT Nur Hidayah juga melaksanakan Bina Lingkungan dengan menyerahkan 1 ekor kambing untuk SD Soropadan, Karangasem.

Tidak hanya itu, SMA IT Nur Hidayah juga menyerahkan 1 ekor kambing untuk MI Darussalam 2, Pucangan.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban melibatkan siswa, guru, karyawan dan masyarakat sekitar.

Proses penyembelihan dilakukan dengan mengikuti aturan syariah yang ketat untuk memastikan hewan kurban disembelih dengan benar sesuai ajaran Islam.

Daging kurban didistribusikan kepada para Mudhohhi atau Shohibul Qurban (orang yang berkurban), masyarakat sekitar sekolah, dan internal sekolah.

Pembagian hewan kurban diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar, juga sebagai ajang jalin silaturahmi dengan masyarakat.

Uniknya di SMA IT Nur Hidayah, daging dibungkus dengan daun dan dimasukkan ke dalam stoples agar dapat digunakan kembali.

Kepala SMP IT Nur Hidayah, Ustaz Bangun Rohmadi, S.Pd.I., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah, kegiatan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban tahun ini berjalan lancar. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal ibadah yang diterima Allah Swt dan membawa keberkahan bagi kita semua,” ujar Ustaz Bangun.

Pondok Pesantren (Ponpes) Nur Hidayah Kebakkramat dan Sawit menyelenggarakan pemotongan hewan kurban pada Rabu (19/6/2024).

Kegiatan penyembelihan di Ponpes Nur Hidayah merupakan penyaluran dari donatur LAZ Nur Hidayah, yakni sebanyak 10 kambing di Ponpes putra, sedang di Ponpes putri menyembelih 1 kambing dan 1 sapi. <Istimewa/Humas Yayasan Nur Hidayah Surakarta>

About Eni Widiastuti

Check Also

Beberapa Singkatan di Sosial Media yang Paling Sering Digunakan

Smarteen.co.id – Singkatan di sosial media tentunya bukanlah hal asing lagi bagi pengguna internet. Sebab …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *