Home / INSPIRASI / 5 Keistimewaan yang Diberikan Allah pada Unta

5 Keistimewaan yang Diberikan Allah pada Unta

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana dia diciptakan?” [Q.S. Al-Ghasiyah (88): 17]

Smarteen.co.id — Unta adalah salah satu binatang yang menjadi kendaraan Rasulullah dan para Sahabat ketika melakukan perjalanan di zamannya. Dalam Al-Qur’an, binatang ini pun beberapa kali disebutkan. Begitu berjasanya unta dalam mengiringi dakwah Rasulullah, tentu makhluk gurun pasir yang identik dengan jazirah Arab ini diciptakan dengan beragam keistimewaan.

Al-Qur’an Allah turunkan di tengah masyarakat Arab, terutama di daerah Hijaz (Mekah dan Madinah) yang dikelilingi pegunungan dan padang gersang. Unta menjadi salah satu kendaraan utama mereka untuk bisa melakukan perjalanan melewati samudera gurun pasir. Panas gurun pasir sungguh mematikan bagi makhluk lain. Selain serangga kecil dan beberapa reptilia, tak ada binatang lain yang mampu bertahan di sana.

Jika kita amati bagaimana unta itu diciptakan, kita akan menyaksikan bahwa setiap bagian terkecil yang dimilikinya adalah keajaiban. Dalam kondisi panas membakar di gurun, pasti yang dibutuhkan adalah minum, tapi sulit menemukan air di sana. Pun dengan sumber makanan. Maka, makhluk yang hidup di sini harus mampu menahan lapar serta haus, dan unta telah diciptakan dengan kemampuan ini.

BACA JUGA: Life is Wonderful

Allah Swt memberikan organ-organ khusus untuk menunjang kehidupan unta, sehingga binatang tersebut bisa bertahan di iklim gurun. Setidaknya ada lima keistimewaan yang dimiliki binatang berkaki empat ini.

Punuk Unta

Punuk atau gundukan lemak pada unta berfungsi ketika terjadi kekurangan makanan. Lemak ini nantinya akan diubah menjadi sumber tenaga dan air, sehingga ia dapat berjalan selama berhari-hari di cuaca panas. Sebuah sumber menyebut bahwa unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum.

Hal ini disebabkan unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Air tersebut kemudian disimpan di punuknya. Di sana juga terdapat sekitar 40 kg lemak, jadi inilah yang menjadi sumber makanan unta selama berhari-hari di padang pasir.  

Mata Unta

Bagian kelopak mata unta dapat tembus cahaya, sehingga ia bisa tetap melihat walaupun matanya tertutup. Sementara kelopak dan bulu mata yang panjang, berfungsi untuk melindungi dari debu dan butiran pasir yang berembus di badai pasir.

Hidung Unta

Unta memliki hidung yang dapat menutup ketika terjadi badai pasir, sehingga pasir tidak akan dapat mengganggu pernapasan.

Kaki Unta

Unta diciptakan memiliki kaki lebar, sehingga bisa menahan tubuhnya agar tidak tenggelam ke dalam pasir. Sedangkan kaki unta yang panjang berguna untuk menjauhkan tubuh kepalanya dari pasir yang panas membakar.

BACA JUGA: Siapa ‘Panji-Panji Hitam’ Pembawa Kejayaan Islam?

Tubuh Unta

Tubuh unta tertutup kulit tebal dan rambut lebat.Gurun pasir memiliki amplitudo (selisih) suhu yang tinggi. Saat siang hari suhunya bisa begitu panas, dan ketika malam tiba suhunya bisa mencapai nol derajat.

Untuk mengatasi panas, unta memiliki lapisan-lapisan tebal dari tubuhnya, sehingga pasir yang panas tidak akan membakar tubuh saat ia duduk di sana. Lapisan kulit tebal dan rambut yang lebat ini sekaligus berguna untuk melindungi dirinya dari dinginnya malam yang membeku.

Selain organ tubuh, unta juga dianugerahi keistimewaan yang lain. Ia merupakan binatang yang kuat, sehingga selain bisa menjadi tunggangan untuk manusia, unta juga dapat mengangkut barang. Di samping itu, unta juga menghasilkan susu yang berkasiat bagi manusia. []

About admin

Check Also

Tahani Amer

Tahani Amer, Muslimah Berhijab Pertama di NASA

Smarteen.co.id — Bagaimana rasanya bekerja di salah satu lembaga kajian luar angkasa terbaik di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *