Home / GADGET / Aplikasi Envision AI, Bantu Difabel Netra ‘Melihat’ Dunia

Aplikasi Envision AI, Bantu Difabel Netra ‘Melihat’ Dunia

Envision AI

Smarteen.co.id — See what you can’t… Inilah kalimat yang ditulis cukup besar di halaman beranda situs resmi aplikasi Envision AI. Ya, lihat apa yang tidak bisa kamu lihat

Bagi kita yang dianugerahi Allah dengan mata yang sehat dan penglihatan yang jelas, melihat sesuatu bukanlah perkara. Kita mesti mensyukurinya. Namun, bagaimana dengan Sobat kita yang tak memiliki kemampuan tersebut? Sobat kita para difabel netra?

Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk membantu mereka yang membutuhkan, khususnya para difabel netra atau orang-orang dengan keterbatasan penglihatan lainnya, Envision Technologies BV, sebuah perusahaan teknologi asal Belanda, meluncurkan sebuah aplikasi bertajuk Envision AI. Aplikasi ini bisa kita unduh dan instal melalui Play Store atau Apps Store, dengan ukuran 20 MB.

Dilansir dari letsenvision.com, pengembang aplikasi ini menyatakan bahwa aplikasi ini hadir untuk membantu pengguna difabel netra, baik yang total maupun low-vision agar bisa menggambarkan dunia visual dengan bantuan suara. “Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan yang lebih baik, aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian difabel netra,” ungkapnya.

Ya, dengan Envision AI, para difabel netra akan mampu ‘melihat’ hal-hal visual di sekitar mereka dengan bantuan suara. Ia hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut sebagai media untuk memindai objek, dan aplikasi akan bekerja menggambarkan tampilan visual ke dalam bentuk suara. Luar biasa!

Cara Menggunakan Aplikasi Envision AI

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Tenang, aplikasi ini sangat mudah untuk diakses. Pertama, setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, pengguna hanya perlu masuk ke dalam aplikasi dan login (masuk dengan akun)—oh ya, aplikasi ini memerlukan akses internet, ya.

Untuk mempermudah pengguna, aplikasi ini menawarkan layanan login dengan Facebook atau Google. Saat proses login berhasil, pengguna akan langsung masuk pada tampilan aplikasi yang telah dilengkapi fitur TalkBack (pembaca layar). Sehingga pengguna tak perlu khawatir jika tak tahu/tak hafal posisi letak menu-menu yang terdapat dalam akun Envision AI.

BACA JUGA: Tips Cepat Pakai Microsoft Word, Manfaatkan Shortcut-Shortcut Ini

Terdapat tiga menu utama yang akan pengguna temukan; Teks, General, dan Help. Pada menu Teks, pengguna dapat memilih tiga mode pemindaian; mode membaca, mode pemindaian tulisan tangan, dan mode pemindaian dokumen.

Untuk menu General, berisi pilihan mendeskripsikan objek, pemindaian barcode, dan penambahan database deskripsi. Sementara menu Help, berisi menu bantuan, pengaturan, dan penjelasan umum mengenai Envision AI.

Dari menu-menu tersebut, pengguna dapat memilih menu dan mode apa yang diinginkan. Selanjutnya, tinggal arahkan kamera smartphone pada objek yang ingin ‘didengar’ visualnya. Setelah itu, aplikasi akan otomatis memperdengarkan penjelasan mengenai objek yang telah dipindai.

Misalnya, pengguna ingin membaca teks sebuah dokumen. Ia tinggal memilih menu Teks, kemudian mode pemindaian dokumen. Setelah itu, tinggal arahkan saja kamera ke depan dokumen yang ingin dibaca. Aplikasi pun akan membacakan isi dokumen tersebut.

Begitu pun untuk mengetahui suatu objek, tinggal memilih menu General, lalu objek, dan pindai ke arah objek. Aplikasi ini dapat mendeskripsikan gambaran umum objek, meliputi bentuk, warna, ukuran, sampai nama objek, dan sebagainya—jika itu adalah barang.

Simpel dan sangat berguna, kan? Tak heran jika beberapa waktu lalu, aplikasi ini menjadi pemenang Google Play Award 2019 untuk kategori Best Accessibility Experience (Pengalaman Aksesibilitas Terbaik). []

About Ibnu

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *