Home / MAKE OVER / Bahan-Bahan Bekas Ini Bisa Buat Wajahmu Tampak Cantik dan Ganteng, Lho!

Bahan-Bahan Bekas Ini Bisa Buat Wajahmu Tampak Cantik dan Ganteng, Lho!

Smarteen.co.id — Cantik atau ganteng harus mahal? Nggak juga tuh! Ada banyak bahan murah yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan atau kegantengan kita. Di antaranya bahan-bahan bekas di bawah ini. Hmm… Apa saja, ya? Simak bersama, yuk!

Ampas Teh

Sobat, setelah malam atau pagi hari ibumu membuat teh, jangan buru-buru dibuang ampasnya. Simpan dulu ampas teh itu dan manfaatkanlah. Percaya atau enggak, dikutip dari doktercantik.com ampas the memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit kita.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa kita manfaatkan dari ampas teh; (oh ya, pastikan teh tersebut belum dicampur dengan gula ya!).

Pertama, mencerahkan kulit.Ya, ampas teh dapat membantu menghilangkan flek hitam dan kotoran akibat debu maupun polusi yang menempel pada wajah. Di samping itu, ampas teh juga membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya; cukup ambil ampas teh, lalu balurkan pada wajah. Pijat-pijat secara lembut dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin.

Kedua, mengatasi jerawat. Caranya; ambil ampas teh dan campur dengan air. Setelah itu, jadikanlah masker.

Ketiga, mengencangkan kulit. Balurkan ampas teh ke seluruh wajah menjelang tidur. Biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat. Lakukan tiga kali sepekan.

Keempat, menghilangkan kantung mata. Ambil ampas teh celup, masukkan ke dalam kain dan tambahkan es batu kecil-kecil. Kompreskan pada mata secara pelan-pelan.

Kelima, mencegah rambut rontok. Campurkan air dengan ampas teh secukupnya. Gunakan untuk membilas rambut setelah keramas setiap hari.

Keenam, menghilangkan ketombe. Campurkan ampas teh dengan air dan gunakan setiap hari sebelum keramas.

Air Cucian Beras

Dilansir dari lifestyle.liputan6.com, mencuci wajah dengan air cucian beras secara teratur dapat membantu mencerahkan wajah dan mencegah masalah kulit. Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang menutrisi kulit.

Seperti dikutip dari doktersehat.com, berikut cara memanfaatkan air cucian beras untuk wajah;

Pertama, bilas beras sebanyak 3 kali. Tampung air bilasan itu dalam wadah. Gunakan air bilasan beras untuk cuci muka setiap saat.

Kedua, masukkan beras ke dalam kain. Setelah itu tumbuk beras di dalam kain. Setelah halus, masukkan kain berisi beras halus ke dalam air hangat. Oleskan ke seluruh wajah secara merata. Diamkan wajah beberapa saat dan bilas dengan air dingin.

Kulit Jeruk

Sobat, siapa sangka kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat bagi wajah? Dikutip dari bintang.com, berikut manfaat dari kulit jeruk;

Pertama, bagi kamu yang memiliki masalah wajah kusam, dapat memanfaatkan masker kulit jeruk. Caranya, haluskan kulit jeruk dan campurkan dengan kunyit, gunakan sebagai masker. Masker ini membantu membuat wajah lebih besinar dan membantu mencerahkan kulit.

Kedua, kulit jeruk kering yang telah dihaluskan ditambah perasan jeruk nipis dan madu dapat membantu menghaluskan kulit wajahmu.

Nah, Sob. Bahan-bahan ini memang tidaklah mahal. Hanya saja, diperlukan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang baik. So, cantik dan ganteng itu nggak harus mahal, kan? []

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *