Sad muslim girl in school hallway and teenagers behind her back. Vector cartoon illustration with lonely islamic student with scarf on head. Social communication problem, bullying and racism concept

Beginilah  5 Adab Pergaulan Remaja Islami yang Benar

Smarteen.co.id – Adab pergaulan remaja islami adalah salah satu pedoman yang seharusnya diterapkan oleh kalangan remaja di era ini. Sebab semakin ke sini, dapat ditemui bahwa adab serta nilai moral yang dimiliki oleh remaja semakin luntur.

Sebagai seorang remaja islami, sobat harus bisa melawan hal seperti diatas yang cenderung sudah dinormalisasikan masyarakat. Jika mengikuti perkembangan jaman tanpa memiliki landasan tentu bisa menyeret kita untuk masuk ke dalam kesesatan.

Sobat bisa memulai hal ini dari bagaimana cara bergaul. Di era gempuran banyaknya pergaulan bebas, kamu harus berani melawan arus agar tidak terseret. Salah satunya ialah dengan mengikuti adab pergaulan remaja islami.

Simaklah informasi berikut ini jika penasaran mengenai seperti apa adab yang bisa diikuti untuk bisa bergaul dengan benar di tengah kemajuan jaman seperti saat ini.

  1. Senantiasa Menjaga Sopan Santun

Salah satu adab yang perlu diutamakan oleh para remaja ini ialah selalu menjaga sopan santun. Sopan santun sangat penting untuk dijaga demi bisa menghargai diri sendiri maupun orang lain. Inilah yang sudah mulai hilang pada remaja generasi sekarang.

Banyak dari mereka sudah tidak menunjukkan rasa sopan santun kepada teman sebaya maupun ke orang yang lebih tua. Padahal kurangnya nilai sopan santun pada seorang remaja bisa menggambarkan seberapa rendahnya nilai remaja tersebut di mata orang lain.

  1. Senantiasa Jujur dan Adil

Menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keadilan adalah salah satu bentuk dari adab pergaulan remaja islami yang benar. Sifat jujur harus selalu diutamakan karena Allah SWT tidak menyukai insan yang suka berdusta.

Dengan kejujuran dan keadilan saat bergaul, hal ini akan membuat sobat dinilai baik oleh orang lain sehingga bisa dianggap sebagai orang yang dapat dipercaya. Selain baik di mata Allah SWT, adab ini juga baik di mata masyarakat.

  1. Saling Membantu Sesama

Islam telah mengajarkan umatnya agar saling tolong menolong antar sesama. Hal inilah yang seharusnya sobat miliki dalam bergaul. Sebab dengan saling menolong akan bisa meningkatkan rasa persaudaraan.

Sebab banyak remaja saat ini merasa acuh tak acuh ketika melihat seseorang membutuhkan pertolongan entah itu teman mereka sendiri sekalipun. Pastikan untuk senantiasa saling menolong dan membantu sesuai dengan adab pergaulan remaja  saat ini.

  1. Selalu Mengajak ke Arah Kebaikan

Sebagai umat islam, sudah sepantasnya jika kita harus berperilaku dan senantiasa memberikan contoh yang baik. Sobat bisa terus berusaha untuk mengajak orang lain menuju ke arah kebaikan.

Dengan begini maka baik sobat dan temanmu akan mendapatkan pahala atas kebaikan yang dilakukan. Hal ini menjadi tantangan bagi remaja saat ini mengingat dunia sudah mulai dipenuhi dengan kesesatan serta banyaknya godaan yang bisa menjerumuskan umat islam.

  1. Bisa Saling Memahami dan Mengerti

Memiliki rasa simpati seperti bisa memahami dan mengerti orang lain juga termasuk ke dalam salah satu adab pergaulan remaja islami yang benar. Kita tahu bahwa tidak semua kondisi orang itu sama, agar tetap bisa bersatu, maka kita harus bisa saling memahami dan mengerti.

Sebab jika tidak memiliki sifat ini maka akan terus muncul perseteruan karena adanya perbedaan pendapat dalam pergaulan. Sudah seharusnya kita sebagai orang beriman bisa menoleransi dengan cara bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain.

 

Sangat penting untuk bisa membentengi diri di jaman sekarang ini untuk bisa mempertahankan jati diri agar tidak ikut ke dalam arus kerusakan. Apalagi kita harus bisa membentengi diri di dalam pergaulan agar bisa menghindari kerusakan. Caranya dapat sobat lakukan dengan memahami beberapa adab pergaulan remaja islami seperti di atas.

 

 

About

Check Also

2023 Punya Resolusi? Ini Dia Tips Mewujudkannya

smarteen.co.id – 2023 telah tiba. Salah satu hal yang banyak dilakukan orang di awal tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *