Home / INSPIRASI / Cara Membuat Pizza Tanpa Oven yang Mudah Dilakukan

Cara Membuat Pizza Tanpa Oven yang Mudah Dilakukan

Smarteen Apakah Sobat suka memasak? Ingin mencoba masakan kekinian seperti pizza, tetapi terkendala peralatan? Tidak perlu khawatir. Sebab kami memiliki informasi mengenai cara membuat pizza tanpa oven.

Pizza sendiri termasuk ke dalam salah satu jajanan yang sangat populer dan harganya tidaklah murah. Dengan pertimbangan tersebut termasuk rasanya yang lezat, banyak orang termotivasi untuk mencoba membuatnya.

Apalagi dengan berbagai informasi yang tersebar di internet saat ini, menyadarkan Sobat bahwa membuatnya tidaklah sulit. Hanya saja banyak orang terkendala dengan oven yang digunakan untuk memasak makanan ini.

Tidak perlu bergantung pada oven, sebab terdapat metode lain yang bisa digunakan, seperti menggunakan teflon. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini tentang bagaimana cara membuat pizza tanpa oven dengan mudah dan sederhana.

Panduan Urut Bagaimana Cara Membuat Pizza Tanpa Oven

Jika ingin membuatnya dengan persentase gagal yang minim, tentu harus dilakukan secara urut dan benar. Karena itulah simak informasi berikut ini mengenai bagaimana panduannya.

  1. Mempersiapkan Bahan-Bahan

Berdasarkan panduan mengenai cara membuat pizza tanpa oven, langkah pertama yang wajib diperhatikan ialah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Karena dengan tidak adanya bahan ini maka pizza tidak akan dibuat.

Seperti apa saja bahan yang dibutuhkan? Untuk adonannya, Sobat bisa siapkan 500 gr tepung protein sedang, 25 gr gula pasir, 15 gr susu bubuk, 220 gr air es, 7 gr ragi instan dan garam, 1 butir telur dan 30 gr minyak zaitun.

Mengenai bahan yang digunakan sebagai toping, Sobat bisa menggunakan saus tomat, paprika, bawang bombay, keju, dan sosis. Semua bahan tersebut dapat disesuaikan dengan selera ketika meletakkannya di atas adonan nanti.

  1. Mulai Membuat Adonan

Setelah mempersiapkan bahan yang diperlukan, maka dapat dilanjutkan dengan membuat adonan dari beberapa bahan di atas. Cara pertama dengan cara menyampur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk hingga merata.

Jika sudah dipastikan bahan tersebut tercampur rata, masukkan minyak zaitun dan garam. Aduk bahan tersebut sembari menuangkan air es sedikit demi sedikit. Setelah itu, masukkan telur dan aduk kembali hingga adonan terasa kalis.

Jika sudah selesai, istirahatkan adonan terlebih dahulu kira-kira selama 15 menit. Bagi adonan menjadi bagian kecil di mana setiap bagian memiliki berat kurang lebih 50 gr. Bentuk menjadi bulat dan istirahatkan kembali selama 15 menit.

Cara membuat pizza tanpa oven belum selesai sampai di situ, sebab Sobat masih diminta untuk menggiling adonan tersebut menjadi tipis kira-kira 5 mm. Setelah itu pindahkan ke baking lay dan istirahatkan kembali selama 20 menit.

  1. Menyiapkan Teflon Untuk Memanggang

Sembari menunggu adonan sebelumnya selesai diistirahatkan, Sobat bisa menyiapkan teflon yang akan digunakan untuk memanggang. Persiapkan teflon dengan cara mengolesi sedikit mentega, lalu panaskan teflon di atas kompor dengan api kecil.

  1. Panggang Adonan di Teflon

Jika dirasa teflon sudah siap dan adonan juga sudah siap, letakkan adonan ke atas teflon yang sudah siap. Saat dalam keadaan panas, tambahkan bahan yang digunakan sebagai toping dengan saus tomat sebagai bahan pertamanya. Jika sudah, tunggulah sampai dirasa matang dan pizza siap dihidangkan.

Dengan memanfaatkan cara mudah ini, Sobat bisa mencoba ide untuk membuat pizza. Sebab dengan keterbatasan alat seperti oven bukanlah menjadi masalah. Karena pembahasan tentang cara membuat pizza tanpa oven seperti di atas bisa menjadi solusi. []

About Aulia Galih

Check Also

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Smarteen.co.id – Apakah Sobat ingin memelihara hewan tapi masih bingung menentukannya? Kami rekomendasikan agar memelihara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.