Home / CURHAT / Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah

kaki pecah-pecah

Asalamualaikum, Dokter. Dok, tumit kaki pecah-pecah, kering, dan mengelupas itu penyebabnya apa, ya? Saya selalu pakai sandal atau sepatu tiap jalan di tempat panas, tetapi kaki saya, khususnya bagian tumit, tetap kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Bagaimana cara mengatasinya, Dok? Terima kasih. [Hana, 08572875xxxx]

Diasuh oleh:
Nadiah
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Smarteen.co.id — Wa’alaikumsalam wr. wb. Terima kasih Sobat Hana atas pertanyaannya. Kulit kaki, terutama tumit, yang pecah-pecah bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kebiasaan, aktivitas ataupun penyakit tertentu.

Beberapa kebiasaan atau aktivitas tersebut misalnya kurang minum air putih, sering mandi dengan air panas, sering berdiri terlalu lama, menggunakan sepatu yang tidak pas, sabun mandi yang digunakan bersifat iritatif, serta merokok.

Sementara beberapa penyakit yang bisa memengaruhi kondisi tumit misalnya obesitas, dermatitis atopik, infeksi jamur, psioriasis, diabetes, dan kekurangan hormon tiroid.

Selanjutnya, penyebab lain yang cukup berpengaruh adalah faktor lingkungan, yakni iklim. Orang yang tinggal di iklim kering, dingin, atau kelembapan rendah lebih berisiko memiliki kulit kering.

BACA JUGA: Sering Kesemutan, Apakah Berbahaya? Ini Kata Dokter!

Menghilangkan Tumit Kaki Pecah-Pecah

Nah, apabila memang tidak ditemukan beberapa penyakit seperti yang sudah disebutkan di atas, maka ada beberapa langkah yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi tumit kaki pecah-pecah.

Antara lain dengan (1) memperbanyak minum air putih, (2) menggunakan sabun yang tidak bersifat iritatif, (3) menghindari mandi dengan air hangat, (4) mengoleskan pelembap secara rutin pada bagian yang dirasa kering, dan (5) melakukan scrubbing atau pengangkatan sel kulit mati.

Namun demikian, apabila ternyata terdapat penyebab lain—dalam hal ini ada penyakit yang mendasari kulit kering pada kaki Sobat, maka sebaiknya Sobat berkonsultasi secara langsung dengan dokter karena penyakit tersebut juga harus diatasi. Demikian Sobat yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat.[]

About Ibnu

Check Also

ghibah gunjing fitnah

Kata Ustaz tentang Cara Menghindari Ghibah Menurut Islam

Assalâmu’alaikum Wr. Wb. Ustaz, membicarakan orang yang termasuk kategori ghibah itu hanya saat kita membicarakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *