Home / INSPIRASI / Cara Menghafal Al-Qur’an Sekaligus Tidak Mudah Lupa

Cara Menghafal Al-Qur’an Sekaligus Tidak Mudah Lupa

Smarteen.co.id – Dengan membaca informasi mengenai cara menghafal Al-Qur’an, hal ini menunjukkan bahwa Sobat memiliki keinginan untuk menghafal ayat-ayat Allah SWT. Benar begitu bukan?

Al-Qur’an merupakan petunjuk dari Allah SWT kepada umatnya. Hanya dengan membacanya, Sobat bisa mendapatkan kebaikan apalagi jika menghafalkannya.

Terdapat kebaikan luar biasa jika Sobat bisa menghafalkan Al-Quran, kebaikan ini tercermin dari sabda Rasulullah SAW “Akan dikatakan kepada shahib Alquran (orang yang hafal semuanya atau sebagiannya, selalu membaca, mentadaburi serta mengamalkan isinya, dan berakhlak sesuai dengan tuntunannya), ‘Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Alquran di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

Inilah Cara Menghafal Al-Qur’an dengan Cepat

Sebenarnya apabila memiliki keinginan untuk melakukan suatu hal, keinginan tersebut dapat terealisasi dengan mudah. Salah satunya ialah dalam menghafal Al-Qur’an. Walaupun sebenarnya hal ini terlihat sulit, ternyata dengan menggunakan cara ini membuatnya menjadi mudah.

  1. Sering Mendengar Al-Qur’an

Cara pertama yang bisa membantu Sobat agar bisa menghafal Al-Qur’an ialah membiasakan diri dengan lantunan ayat-ayat Allah SWT. Dengan merasa familiar dengan ayat AL-Qur’an maka akan bisa menghafalnya dengan lebih mudah.

Karena itulah berusahalah agar sering-sering mendengar lantunan ayat-ayat Al-Qur’an. Untuk bisa mendengarnya mungkin Sobat bisa menggunakan meedia online. Namun untuk cara terbaik ialah mendengarkan langsung lantunan langsung dari mulut seseorang.

Jika Sobat ingin mendengarnya secara langsung, mintalah orang tua untuk membaca Al-Qur’an atau bisa pergi ke masjid untuk mendengar seseorang membaca Qur’an.

  1. Menentukan Niat Untuk Menghafal Al-Quran

Mengenai cara kedua yang bisa Sobat terapkan agar bisa menghafal Al-Qur’an ialah  membuat dan membulatkan niat untuk menghafal Al-Qur’an. Dengan niat yang kuat, Insyaallah kemudahan akan selalu menyertai Sobat untuk memperlancar dalam menghafal Al-Qur’an.

  1. Menggunakan Metode Tikrar

Jarang orang yang mengetahui tentang metode ini. Padahal diluar sana sudah banyak orang mengandalkan metode ini terutama dalam menghafal Al-Qur’an. Bagi yang belum tahu, Tikrar adalah metode menghafal dengan cara melakukan pengulangan sampai hafal.

Cara menggunakan metode ini ialah mengulangi setiap ayat kira-kira sampai 20 kali dan dilanjutkan ke ayat selanjutnya dengan cara sama. Sebenarnya cara menghafal Al-Qur’an dengan cara ini tidak perlu terlalu mengikuti hitungan sampai 20 kali, Jika dirasa hafal maka bisa lanjut ke ayat selanjutnya.

  1. Sering Membacakannya saat Shalat

Jika ingin semakin mengingatnya, maka Sobat bisa coba melafadzkannya saat Shalat. Gunakan ayat yang dihafalkan sebagai bacaan surat pada saat Shalat. Dengan terbiasa melakukan hal ini, maka akan semakin ingat ayat yang sedang dihafalkan sebelumnya.

Dengan beberapa cara sederhana ini, Sobat bisa menghafalkan Al-Qur’an tanpa harus mengikuti program khusus penghafal Al-Qur’an. Namun tidak dapat dipungkiri apabila semua itu juga bergantung pada niat dan kesungguhanmu. Jika berniat dan bersungguh-sungguh, maka cara menghafalkan Al-Qur’an ini bisa membantumu.[]

About Aulia Galih

Check Also

Walaupun Berguna, Terdapat Dampak Negatif Sosial Media yang Peru Diketahui!

Smarteen.co.id – Jarang yang tahu bahwa terdapat dampak negatif sosial media yang berpotensi menyerang penggunanya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.