Home / CURHAT / Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

menghilangkan bau mulut

Asalamualaikum. Dokter, bagaimana cara mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa? Bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap? Soalnya saya sering mengalami, meski sudah gosok gigi. Apa ada makanan tertentu yang harus dikonsumsi atau tidak boleh dikonsumsi ketika sahur/berbuka agar tak menyebabkan bau mulut? Terima kasih. [Azzam, 08217959xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Rizqi Karima Putri
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Smarteen.co.id — Wa’alaikumsalam wr. wb. Bau mulut tak sedap atau halitosis dapat disebabkan beragam hal. Namun studi menunjukkan, 80% bau mulut disebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Di samping itu, beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa menjadi penyebab bau mulut, di antaranya; Xerostomia, yaitu mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut; gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan penyakit maag dan penyakit asam lambung; sinusitis (radang rongga hidung); dan kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.

Selain kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet berlebihan.

Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Saat menjalankan puasa, kenapa kita bisa mengalami bau mulut? Hal ini terjadi lantaran saat berpuasa produksi air liur dalam mulut berkurang akibat tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat, dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Akibat kondisi ini, maka rongga mulut kering dan menjadi tempat berkembangnya koloni bakteri dalam lidah, gigi, dan mulut, yang menimbulkan bau kurang sedap.

Jika Sobat merasa sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi, tapi masih saja bau mulut tidak hilang, cobalah lakukan beberapa cara berikut;

BACA JUGA: Sering Mengeluh, Apakah Membatakan Puasa?

Pertama, sikat gigi dua kali sehari, kamu juga bisa gunakan obat kumur setelah gosok gigi. Kedua, kunyah kulit jeruk, lemon, dan peterseli. Produksi air liur yang dipicu asam jeruk dapat membantu menghilangkan bau mulut, sedangkan peterseli dapat menetralisir bau tak sedap.

Ketiga, berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi berlebihan. Kunyah permen karet rendah gula, dan minum cukup air putih.

Perhatikan juga apa yang Sobat makan. Hindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih yang memiliki bau cukup menyengat. Pilih camilan yang lebih sehat, seperti apel atau wortel mentah, karena kandungan air di dalamnya dapat membantu membersihkan mulut. Demikian, semoga bermanfaat.[]

About admin

Check Also

ghibah gunjing fitnah

Kata Ustaz tentang Cara Menghindari Ghibah Menurut Islam

Assalâmu’alaikum Wr. Wb. Ustaz, membicarakan orang yang termasuk kategori ghibah itu hanya saat kita membicarakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *