Home / CURHAT / Cara Menghindari Pergaulan Bebas Remaja yang Menjerumuskan

Cara Menghindari Pergaulan Bebas Remaja yang Menjerumuskan

Smarteen.co.id – Pergaulan bebas remaja adalah salah satu akibat dari perkembangan jaman yang menghasilkan pergaulan menyimpang baik dari agama sampai norma sosial. Sebagai remaja islami, tentu Sobat dilarang untuk ikut terjerumus pada pergaulan tersebut.

Sebab akibat dari pergaulan bebas itu tidak hanya berdampak jangka pendek melainkan juga jangka penjang. Jangan sampai rusak masa depanmu hanya karena salah pergaulan. Contoh dari pergaulan bebas itu ialah seks bebas, narkoba, bahkan sampai kriminalitas.

Contoh dari pergaulan bebas remaja itu adalah tindakan yang sangat diharamkan dalam ajaran islam. Karena itulah Sobat harus bisa menjauhkan diri. Nah, jika ingin tahu bagaimana cara efektif untuk menerapkannya, simak informasi berikut ini.

Memilih Teman dengan Selektif

Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari pergaulan bebas tentu dapat dimulai dari lingkungan kita sendiri. Caranya ialah selektif dalam memilih teman. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan sosok orang lain seperti teman untuk membantu kita.

Teman itu bagaimana pisau bermata dua. Bisa memberikan ajakan baik dan bisa juga memberikan ajakan buruk. Karena itulah kamu harus selektif dalam memilih teman agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas remaja.

Memiliki Pendirian yang Kuat

Mengenai cara kedua yang dapat dilakukan jika kamu ingin menghindari pergaulan bebas ialah dengan menanamkan pendirian yang kuat. Pendirian yang kuat akan membantumu untuk bisa membatasi diri dalam melakukan suatu hal.

Jika memiliki pendirian yang kuat untuk menolak tawaran maksiat, maka segala bentuk tawaran apapun pasti tidak akan mempan untukmu. Karena itulah pastikan agar Sobat memiliki pendirian yang kuat dalam dirimu.

Terus Mengkaji Agama

Cara ketiga untuk menghindarkan diri dari pergaulan bebas remaja ialah dengan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara terus mengkaji agama. Dengan terus mengkaji agama maka kamu akan selalu ingat akan Allah SWT serta menyadari betapa pedihnya balasan dari perbuatan pada pergaulan bebas tersebut.

Memperbanyak Kegiatan Positif

Cara selanjutnya untuk menjauhkan Sobat dari pergaulan bebas ialah dengan memperbanyak kegiatan positif. Selain memiliki kesibukan, dengan memiliki kegiatan positif maka kamu bisa menghindari ajakan dari orang lain untuk perbuatan yang tidak lazim.

Apalagi dengan kegiatan positif tersebut secara berangsur-angsur akan menanamkan nilai yang kuat untuk terus berkegiatan positif dan menghindari hal yang negatif. Contoh dari kegiatan positif ialah bakti sosial, berolahraga, dan masih banyak lainnya.

Senantiasa Ingat Akan Orang Tua

Senantiasa mengingat orang tua akan membuatmu bisa menyadari agar tidak melakuan suatu hal yang negatif. Dengan jerih payah orang tua dalam membesarkan dan mendidikmu, tentu Sobat bisa berpikir dua kali untuk memasuki dia pergaulan bebas remaja.

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat terapkan agar terhindar dari pergaulan bebas remaja yang bisa memberikan dampak buruk bagimu atau orang lain.[]

About Aulia Galih

Check Also

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Smarteen.co.id – Apakah Sobat ingin memelihara hewan tapi masih bingung menentukannya? Kami rekomendasikan agar memelihara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.