Home / CURHAT / Cegah Gejala Mata Lelah

Cegah Gejala Mata Lelah

gejala mata lelah

Assalamualaikum dokter, saya sering nonton film di laptop dalam ruangan gelap sambil tiduran. Kalau terlalu lama, mata saya perih. Lalu saya pejamkan sebentar, terus lanjut nonton. Apakah hal ini berbahaya untuk kesehatan mata? Adakah solusi bagi saya yang sering nonton film di laptop, agar mata tetap sehat? [Deni, Yogyakarta]

Diasuh oleh:
dr. Ana Kurniawati
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam wr. wb. Melihat kondisi dan gejala yang Sobat alami, hal tersebut mengarah ke gangguan kesehatan mata, yaitu mata lelah. Mata lelah merupakan gangguan yang diakibatkan penggunaan mata dalam jangka waktu lama tanpa istirahat yang cukup.

Beberapa gejala mata lelah adalah (1) mata terasa perih atau gatal, (2) mata memerah, kering, atau berair, (3) pandangan kabur dan berbayang, dan (4) sensitif terhadap cahaya.

Kondisi ini bisa disebabkan beberapa faktor, di antaranya (a) menatap layar gawai dalam jangka waktu lama, (b) terlalu lama membaca, (c) melihat terus-menerus dalam ruangan dengan pencahayaan kurang, (d) menyetir kendaraan dengan jarak yang jauh, (e) memiliki kelainan refraksi (pembiasan) mata, (f) udara kering, (g) terpapar cahaya yang terlalu terang atau silau.

Mata lelah umumnya hanya sementara dan tidak menjadi masalah serius—bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat. Namun, Sobat bisa mencoba tips berikut untuk mencegahnya.

Pertama, atur pencahayaan layar gawai (tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang). Kemudian, atur posisi dan jarak aman dari mata ke layar, yaitu sekitar 50-60 cm.

Jika sering menatap gawai dalam jangka waktu lama, sebaiknya istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20, maksudnya setiap 20 menit sekali istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan ke kejauhan yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 m) selama 20 detik. Selain itu seringlah berkedip.

Selanjutnya, perhatikan pencahayaan ruangan dan gunakan gawai saat diperlukan saja, hindari penggunaan berlebihan (misalnya main game atau nonton berjam-jam).

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin A. Selain itu, lindungi mata dari paparan sinar matahari langsung.

Bila kondisi yang Sobat alami menetap (tidak kunjung hilang) dan makin memburuk, kemungkinan hal ini disebabkan faktor lain. Maka, segera kunjungi Dokter Spesialis Mata agar dapat diberi penanganan tepat. []

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …