Home / KULINER / Es Duren Kombinasi Pak Kasdi, Si Manis Legendaris dari Purbalingga

Es Duren Kombinasi Pak Kasdi, Si Manis Legendaris dari Purbalingga

Es Durian Legendaris Purbalingga
FOTO: Es Duren Kombinasi Pak Kasdi Purbalingga.

Smarteen.co.id — Udara yang cukup panas pastinya membuat Sobat semua merasa lebih haus dari biasanya. Untuk melepas dahaga, tidak puas rasanya jika dengan minum air putih saja. Lantas apa kira-kira yang cocok untuk melepas dahaga kala hawa panas melanda? Jawabannya adalah es durian legendaris dari Purbalingga.

Es durian ini merupakan salah satu kuliner yang menjadi unggulan dan sasaran para wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga, Jawa Tengah. Es durian tersebut berbeda dengan es durian pada umumnya. Salah satu yang membedakannya adalah terdapat gula jawa dan banyak campuran lainnya, seperti agar-agar dan buah-buahan.

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jika Sobat ingin mencoba es durian legendaris dari Purbalingga, Sobat dapat membelinya di Warung Es Duren Kombinasi Pak Kasdi. Pusat dari es durian legendaris ini ada di sekitaran Jembatan Sungai Klawing, Purbalingga, tepatnya di area Tugu Bancar. Warung tersebut buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Warung es durian ini sudah berdiri sejak tahun 1980. Menurut catatan sejarah, awalnya Pak Kasdi hanya berjualan keliling dan menggunakan tenda. Namun, dengan prinsip mempertahankan cita rasa demi pelanggan, usahanya terus berkembang hingga memiliki warung sendiri.

Meskipun telah berdiri sejak tahun 1980, Sobat tidak perlu ragu ataupun malu untuk mengunjungi dan membeli es durian ini. Sebab es durian ini tidak hanya digemari oleh orang dewasa saja, tetapi juga para milenial. Bahkan banyak pelajar yang kerap nongkrong di warung es durian tersebut.

Kombinasi Es Durian Legendaris Purbalingga

Dalam satu porsi es durian ini, kira-kira berisi empat sendok makan daging buah durian, ditambah gula jawa yang dicairkan, santan, es batu, susu putih, dan sedikit cokelat cair. Satu porsi es durian original dibanderol dengan harga Rp18.000.

Selain es durian original, warung ini juga menyediakan pilihan es kopyor dan es campur. Untuk satu porsi es kopyor dipatok dengan harga Rp16.000. Sedangkan es durian campur Rp20.000.

Rasa kopyor dan es campur sebenarnya kurang terasa karena kalah dengan aroma daging durian yang sangat kuat. Namun secara keseluruhan, es durian legendaris ini terasa gurih dan legit karena diberi santan.

Meskipun buah durian adalah buah musiman yang ada pada waktu tertentu saja. Namun, sepertinya tidak berlaku untuk warung ini. Warung Es Duren Kombinasi Pak Kasdi selalu memiliki stok durian yang cukup. Hal ini lantaran pemiliknya telah memiliki pemasok tetap. Durian yang digunakan berasal dari sekitaran Purbalingga, Banyumas, sampai dengan Sumatera bahkan Sulawesi. Jadi, Sobat tidak perlu khawatir karena es durian ini selalu ada, apa pun musimnya.

Kandungan Es Durian

Es durian memiliki kandungan yang hampir sama dengan bahan utamanya (durian). Dalam 1 cangkir buah durian terdapat sekitar 357 kalori. Selain itu juga mengandung lemak ,tetapi dalam jumlah yang rendah, yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33% dari kalori.

Zat asam folat juga banyak terdapat pada buah durian, satu porsi buah durian terdapat sekitar 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung dan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

Selain kandungan tersebut, Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga menyatakan bahwa pada buah durian terkandung zat phytosterol yang berguna memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Sobat dapat segera mencoba es durian legendaris ini. Tapi perlu diingat juga bagi Sobat semua, terutama penderita diabetes, penyakit jantung, penyakit darah tinggi, untuk mengonsumsi sewajarnya saja. Karena sejatinya apa pun yang dikonsumsi berlebihan pasti berdampak tidak baik bagi tubuh. []

TEEN JOURNALIST
Nur Fajar Ivansyah
SMA Negeri 1 Kejobong, Purbalingga

About admin

Check Also

salad buah

Cara Hidup Sehat dengan Gemar Mengonsumsi Salad

Smarteen.co.id — Buah dan sayuran. Ada yang suka, ada yang tidak. Namun, perlu diingat bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *