Home / JALAN-JALAN / Gunung Sepikul Sukoharjo, Solusi Mendaki Bagi yang Tak Mau Terlalu Tinggi

Gunung Sepikul Sukoharjo, Solusi Mendaki Bagi yang Tak Mau Terlalu Tinggi

Smarteen.co.id — Pengen mendaki, tapi tidak mau terlalu tinggi? Gunung Sepikul solusinya. Kata siapa kalau nggak tinggi namanya nggak ada nyali, dan kata siapa pula Gunung Sepikul biasa saja?

Gunung Sepikul merupakan salah satu tempat yang ngehits di Sukoharjo, Jawa Tengah. Meski tak terlalu tinggi, gunung ini tak kalah keren dengan gunung-gunung yang biasa didaki oleh para pendaki.

Gunung yang terletak di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo ini cocok untuk pemula yang ingin mendaki gunung, sebab perjalanan untuk mencapai puncaknya tidak terlalu jauh dan sulit.

Dalam keadaan normal, Sobat hanya butuh waktu tempuh sekitar 15-30 menit saja untuk mencapai puncak. Kemiringan Gunung Sepikul  berkisar 40-60 derajat, dan medannya tidak terlalu terjal. Jadi tidak terlalu sulit untuk jelajahi.

Gunung Sepikul

Apa yang Menarik dari Gunung Sepikul?

Gunung Sepikul tak kalah menarik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di Yogyakarta, karena Gunung Sepikul juga merupakan gunung api purba. Bahkan, usia Gunung Sepikul jauh lebih tua.

Gunung ini terbentuk akibat letusan Gunung Tenong di Krisak, Selogiri, Wonogiri dan merupakan salah satu pusat kawahnya.

Kalau Sobat mendaki Gunung Sepikul, dan berhasil mencapai puncaknya, maka Sobat akan disuguhi dengan pemandangan barisan gunung-gunung seperti Gunung Gajah Mungkur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu yang nampak menyerupai benteng. Ada juga hamparan sawah yang megah, pemukiman penduduk yang berjejer indah, dan semilir angin yang menyegarkan.

Di samping itu, Gunung Sepikul juga cocok untuk melihat sunset, lho. Jadi, tempat ini relate banget buat kamu yang lagi pengin menghabiskan waktu untuk me-refresh diri setelah melakukan banyak hal yang menjenuhkan.

Oh ya, beberapa waktu lalu, gunung ini juga sempat menjadi lokasi syuting film Wiro Sableng. Wah, keren, ya!

BACA JUGA: Kawasan Wisata Gunung Kelud, Panorama Indah dalam Jejak Letusan

Nah, kalau Sobat sudah sampai di puncak Gunung Sepikul, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan kamera, ya. Sebab, Gunung Sepikul menawarkan beberapa spot foto yang superkece.

Di antaranya ada Watu Giring, Watu Pawon, Watu Kadang, Watu Jaran, dan Watu Tindik. Semuanya sangat instagramable. Jadi, pulang dari Gunung Sepikul, kamu bakal punya banyak stok foto yang bisa diunggah di media sosial. Milenial banget.

Rute dan Harga Tiket Masuk Pendakian Gunung Sepikul

Untuk mencapai Gunung Sepikul, kalau kamu dari arah Sukoharjo, maka bisa lewat Jalan Solo-Wonogiri dengan waktu perjalanan kurang lebih 36 menit. Jika Sobat dari arah Klaten, maka bisa lewat Jalan Cawas-Weru yang memakan waktu perjalanan sekitar 58 menit.

BACA JUGA: Lautan Awan Puncak Gunung Lawu; Selalu Mengajak untuk Kembali Mendaki

Untuk urusan harga tiket masuk, Sobat tak perlu mengkhawatirkannya. Biaya masuk ke objek wisata ini sangat terjangkau kok, bahkan gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

Kalau mengendarai motor, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 2000, tetapi kalau mengendarai mobil maka dikenai biaya Rp 5000. Murah, kan? Jadi gimana, tertarik mendaki ke Gunung Sepikul? Segera diagendakan, ya! Percaya deh, Sobat akan dibuat kagum dan nggak akan menyesal kalau berkunjung ke tempat ini. []

TEEN JOURNALIST
Nurjanah Pujirahayu
SMAN 3 Sukoharjo

 

About Ibnu Majah

Check Also

pantai nampu

Pantai Nampu Wonogiri, Surga Dunia di Balik Perbukitan Karst

Smarteen.co.id — Kabupaten Wonogiri memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *