Home / NETIZEN / Hal yang Harus Dilakukan Saat Hati Merasa Gundah

Hal yang Harus Dilakukan Saat Hati Merasa Gundah

Smarteen.co.id — Di era milenial seperti sekarang, peranan hati sangatlah berpengaruh pada setiap titik kehidupan kita, khususnya para teenegers. Pada dasarnya hati adalah penggerak dari segala aktivitas. Jika hati kita sudah pada tingkatan yaqiin maka kun!

Ya, terjadilah keyakinan itu, karena keyakinan juga termasuk dari prasangka kita. Jika kita berprasangka baik kepada Allah, maka Allah juga akan menyesuaikan. Oleh karena itu, biasakan untuk berhusnuzan kepada Sang Mahakuasa.

Selain penggerak segala aktivitas, hati juga bisa kita jadikan sebagai tolok ukur atas dosa yang kita lakukan. Memang benar ini, rasa hati merupakan pertimbangan dosa seorang manusia, pintar-pintarlah untuk peka terhadap hati kita masing-masing.

Jika kita merasa tak enak hati, gundah gulana, galau, dan segala sesuatu yang membuat diri kita tak nyaman, bisa jadi ini dikarenakan kita banyak melakukan maksiat yang menjauhkan kita kepada Allah Swt.

Hakikat jauh adalah lama untuk dijangkau. Sama dengan problem ini, jika kita jauh dengan Sang Pemberi segalanya, lantas siapa yang akan memberikan keinginan kita? Pantas saja keinginan kita lama untuk tercapai, karena jarak kita dengan Sang Pemberi pun juga jauh, maka butuh waktu untuk menempuh lebih dekat.

saat hati galau

BACA JUGA: Kunci Menemukan Jalan Keluar dari Berbagai Kesulitan

Sobat, lets imagine! Kita minta muluk-muluk akan sesuatu, tetapi kita tak pernah salat lima waktu. Sekalipun pernah, eh kita udah sombong aja tuh. Usai salam langsung cabut buru-buru ngecek handphone. Di sini jelas sekali kalau kita lebih mementingkan handphone daripada Sang Pemberi, padahal doa setelah Salat Fardu itu diijabah Allah. Yakin mau ninggalin doa lagi? Kalau remaja cerdas sih pasti nyesel.

Sebagai remaja cerdas masa kini, kita diwajibkan untuk mempunyai qalbun salim, apa maksudnya?

Maksudnya adalah orang yang mempunyai hati ini selalu bersikap tenang, meskipun dalam kondisi yang amat buruk sekalipun. Sebab, ia yakin bahwa setiap cobaan adalah skenario indah Allah. Cobaan inilah yang akan membuat derajat manusia semakin up di hadapan-Nya, jika memang kuat melewatinya.

Maka, Sobat, pekalah terhadap suasana hati kita masing-masing. Jika hati kita mulai gundah gulana, segeralah mendekat kepada Allah, niscaya Allah akan menuju kepadamu lebih dekat pula. []

Oleh:
Sukma Imanda Salsabila
SMA Trensains Muhammadiyah Sragen

About Ibnu

Check Also

dibully karena fisik

Pengalaman Hidup: Akan Kubuktikan, Seseorang Tidak Dinilai dari Fisiknya

Smarteen.co.id — Hari itu aku menahan air mataku sekuat tenaga agar tak lagi mengalir di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *