Home / CURHAT / KESEHATAN / Hati-Hati! Inilah Akibat Jarang Olahraga yang Bisa Menyerangmu

Hati-Hati! Inilah Akibat Jarang Olahraga yang Bisa Menyerangmu

Smarteen.co.id – Masih banyak orang tidak mengetahui tentang akibat jarang olahraga yang bisa menyerang kapan saja. Padahal sudah ditekankan berkali-kali bahwa olahraga itu adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan.

Banyak orang merasa malas melakukan olahraga karena dianggap melelahkan. Padahal justru itulah yang dicari agar tubuh kita bisa mengeluarkan keringat. Sebenarnya olahraga itu tidak perlu dilakukan dalam porsi berat.

Dengan berolahraga porsi ringan saja sudah bagus jika dilakukan secara konstan. Agar Sobat bisa bersemangat berolahraga, maka harus mencari salah satu cabang olahraga yang benar-benar disukai.

Dengan kesukaan tersebut akan membuatmu bisa menikmati olahraga yang dilakukan. Sebab jika jarang berolahraga, ternyata ada beberapa akibat yang mengintaimu. Simak beberapa akibat jarang olahraga berikut jika penasaran.

Potensi Terkena Serangan Jantung

Salah satu akibat yang bisa diperoleh ketika kamu jarang berolahraga ialah meningkatnya risiko terkena serangan jantung. Aktivitas fisik seperti berolahraga memiliki hubungan langsung proses pemompaan darah oleh jantung.

Karena itulah semakin sering tubuh berolahraga maka akan meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah. Aktifitas olahraga akan menghasilkan rangsangan supplai darah yang lebih sehingga akan melatih jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya.

Semakin sering seseorang berolahraga maka akan semakin kuat dan terlatih jantung mereka. Karena itulah jika tidak ingin terkena akibat jarang olahraga ini, mulailah untuk rutin berolahraga.

Mengalami Gangguan Mental Seperti Depresi

Mengenai salah satu contoh dampak yang akan diterima oleh tubuh jika jarang berolahraga ialah bisa mengalami gangguan mental. Dengan berolahraga bisa membantumu untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari depresi.

Sebab dengan malas berolahraga akan membuat seseorang merasa tidak memiliki kontrol atas kondisi emosional mereka. Mengapa olahraga bisa menjaga kesehatan mental? Alasannya ialah karena berolahraga sesungguhnya kamu melepaskan hormon endorphine dan oksitosin. Efek bahagia, senang dan gembira akan menjadi dampak setelah melakukan olahraga.

Namun jika tidak melakukan olahraga tentu saja tidak akan memperoleh hal tersebut. Karena itulah mulai sering-seringlah berolahraga jika ingin terhindari dari dampak tersebut.

Menurunkan Kesehatan Tulang

Apakah Sobat memilih tidak berolahraga karena takut akan cedera yang memberikan rasa sakit luar biasa? Jika memang iya, justru tidak berolahraga bisa mengakibatkan efek lebih buruk. Alasannya ialah karena ada akibat jarang olahraga yakni penurunan kesehatan tulang.

Jarang berolahraga diyakini dapat menurunkan kesehatan tulang karena bisa mempercepat proses pengeroposan tulang. Karena itulah dengan berolahraga bisa memperlambat hal ini terjadi. Sebuah studi Januari 2018 di Rambam Maimonides Medical mengungkapkan bahwa berolahraga dua hingga tiga kali seminggu bisa menjaga massa tulang dan fleksibilitasnya.

Sehingga jika ingin menjaga kesehatan fisik, mau tidak mau Sobat harus berolahraga. Sebaliknya, tentu ada banyak akibat jarang olahraga yang bisa menyerangmu kapan saja.[]

About Aulia Galih

Check Also

Cara Menghilangkan Dengkuran dengan Mudah dan Ampuh

Smarteen.co.id – Pembahasan cara menghilangkan dengkuran seringkali diinginkan oleh pengguna internet. Mendengkur adalah istilah dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published.