Home / Uncategorized / Hujan Abu Erupsi Merapi Terjadi Sampai Solo, BPPTKG Imbau Warga Tetap Tenang dan Gunakan Masker

Hujan Abu Erupsi Merapi Terjadi Sampai Solo, BPPTKG Imbau Warga Tetap Tenang dan Gunakan Masker

Smarteen.co.id — Pagi ini Merapi mengalami erupsi. Menurut informasi yang diunggah akun Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BBPTKG), @BPPTKG, erupsi terjadi mulai pukul 05:22 WIB dan tercatat dalam seismogram dengan amplitude 75 mm dan berdurasi 450 detik.

Akibat erupsi tersebut, beberapa daerah mengalami hujan abu. Akun twitter @BPPTKG menyebutkan bahwa guguran abu tersebut mengarah ke hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Arah angin dari erupsi menuju ke arah utara.

Namun demikian, menurut pantauan Smarteen, hujan abu juga dirasakan hingga beberapa daerah di wilayah timur Merapi seperti Boyolali hingga Solo. Di kantor Smarteen misalnya, yang terletak di antara Boyolali dan Solo, tepatnya di wilayah Colomadu, Karanganyar, hujan abu yang cukup deras masih terjadi sampai saat ini (pukul 10.00 WIB).

Berbagai akun Instagram pun banyak yang mengabarkan informasi mengenai erupsi Merapi ini dengan mengunggah foto-foto penampakan asap tebal yang membubung tinggi dari Merapi dan juga foto jalan-jalan yang tampak berabu.

BACA JUGA: Lautan Awan Puncak Gunung Lawu; Selalu Mengajak untuk Kembali Mendaki

Menurut sebuah sumber online, BPPTKG mengimbau kepada seluruh warga yang terkena dampak hujan abu agar segera menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini penting untuk menjaga kondisi kesehatan agar senantiasa terlindungi dari berbagai dampak negatif abu vulkanik.

Selain itu, BPPTKG juga meminta agar masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Gunung Merapi serta selalu mengikuti informasi resmi dari BPPTKG.

Dilansir cnnindonesia.com, Gunung Merapi sudah masuk status waspada sejak 21 Mei 2018. Berdasarkan data BPPTKG PVMBG ESDM, di Indonesia terdapat 12 gunung berapi yang tengah aktif. Sebanyak 3 gunung berstatus siaga (level III) yaitu Gunung Karangetang (Sulawesi Utara), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Gunung Agung (Bali).

Sementara gunung yang ada di status waspada (level II) adalah Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Anak Krakatau (Lampung), Gunung Merapi (Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Slamet (Jawa Tengah), Gunung Dukono (Maluku Utara), Gunung Ibu (Maluku Utara), Gunungapi Gamalama (Maluku Utara), dan Gunungapi Kerinci (Jambi, Sumatera Barat).

Buat Sobat Smarteen semua, tak perlu panik ya menyikapi erupsi Merapi yang terjadi kali ini. Selalu pakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, hati-hati saat berkendara karena jarak pandangn semakin terbatas, dan senantiasa jaga kebersihan dengan mencuci tangan setelah kontak langsung dengan abu. []

About admin

Check Also

Pengumuman Daftar Teen Journalist Angkatan 3 yang Terpilih

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh… Halo Sobat Smarteen semuanya. Terima kasih atas partisipasi kalian yang sudah mengikuti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *