Home / INSPIRASI / Humor Inspiratif Abu Nawas; Permainan Tebak-tebakan

Humor Inspiratif Abu Nawas; Permainan Tebak-tebakan

Smarteen.co.id — Alkisah, ada seorang laki-laki yang sangat cerdik di Persia bernama Abu Jahil. Pengetahuannya luas di berbagai hal, dari astronomi, ilmu hitung, ilmu alam, dan sebagainya.

Suatu hari ia mendengar ada seorang yang juga sama-sama cerdik di wilayah itu bernama Abu Nawas. Karena penasaran, Abu Jahil pun mencoba menantang Abu Nawas untuk memainkan sebuah permainan tebak-tebakan.

Hari itu, Abu Jahil mengajukan satu pertanyaan pada Abu Nawas, jika ia tidak tahu jawabannya maka Abu Nawas harus membayar 5 dirham. Namun, jika sebaliknya—Abu Jahil tidak bisa menjawab pertanyaan Abu Nawas, ia akan membayarnya 500 dirham.

“Berapa jarak dari Bumi ke Bulan?” tanya Abu Jahil pada Abu Nawas. Rupanya Abu Nawas tidak mengucapkan sepatah kata pun dan mengambil uang 5 dirham di sakunya, kemudian memberikan pada Abu Jahil.

jarak bumi ke bulan

BACA JUGA: Cerita Humor Inspiratif Islami tentang Abu Nawas dan Panjang Tongkat Pencuri

Kini giliran Abu Nawas yang bertanya padanya. “Apa yang naik ke atas bukit dengan 3 kaki, dan akan turun dengan 4 kaki?” Abu Jahil mencoba berpikir keras. Hampir satu jam ia berusaha mencari jawaban. Namun, akhirnya ia menyerah dan memberikan Abu Nawas 500 dirham.

Abu Jahil yang penasaran kembali bertanya pada Abu Nawas, “Nah, jadi apa yang naik ke atas bukit dengan tiga kaki dan turun dengan empat kaki?” Abu Nawas tidak bersuara, ia kembali merogoh saku dan memberikan 5 dirham kepada Abu Jahil. []

About Ibnu

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *