Kebiasaan Nabi Muhammad yang Bisa Sobat Tiru

Smarteen.co.id – Sebagai orang yang beriman, Sobat pasti tahu bahwa nabi kita Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi semua umatnya. Bisa disebut sebagai suri tauladan karena baik dari sifat, perilaku, sampai kebiasaan nabi muhammad itu sangatlah baik.

Dengan mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW maka bisa diambil kesimpulan bahwa kita sudah melakukan kebiasaan yang baik juga. Sobat ingin mencoba mengikuti kebiasaan Rasulullah namun tidak mengetahui tentang seperti apa saja kebiasaannya? Yuk ketahui kejelasannya seperti berikut ini.

Selalu Bangun Pagi

Selalu bangun pagi sudah menjadi kebiasaan Rasulullah karena selain memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah solat Subuh, bangun pagi juga sangat bermanfaat. Dengan bangun lebih awal bisa membuat badan terasa lebih bugar.

Dengan begitu, Sobat bisa lebih siap dalam menjalani aktivitas. Jika mengalami kesulitan dalam menerapkan kebiasaan nabi muhammad ini, kamu bisa mencobanya secara bertahap sehingga lama-kelamaan akan terbiasa.

Mengutamakan Bagian Kanan Dalam Hal Baik

Salah satu kebiasaan yang selalu diamalkan oleh Rasulullah SAW adalah mengutamakan bagian kanan ketika melakukan aktivitas. Mungkin hal ini sudah sering sobat amalkan ketika makan, benar begitu bukan?

Namun ada banyak aktivitas yang bisa mendatangkan kebaikan jika Sobat memulainya dengan baik. Bagian kanan dari tubuh adalah bagian baik, sehingga sobat bisa melakukan beberapa aktivitas seperti masuk masjid, berpakaian, dan masih banyak lainnya dengan memulainya dari anggota tubuh bagian kanan.

Kamu bisa mengikuti dan mengamalkan kebiasaan ini agar turut mendapatkan kebaikan seperti yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Memposisikan Tubuh ke Kanan Saat Tidur

Kebiasaan nabi muhammad yang kedua ialah selalu tidur dengan memposisikan badannya ke bagian kanan. Tentu saja ada alasan dibalik kebiasaan. Salah satunya ialah untuk merenungi apa yang sudah dikerjakannya sebab posisi ini sama seperti ketika posisi manusia saat dikubur. Sehingga dengan tidur menghadap ke kanan bisa dijadikan sebagai pengingat juga.

Ternyata ada manfaatnya juga loh jika Sobat menerapkan kebiasaan ini. Karena dengan tidur ke posisi condong ke kanan bisa berdampak baik pada kesehatan. Alasannya ialah karena posisi ini bisa memperlancar sistem pernapasan berjalan dengan lancar.

Terdapat riwayat yang menggambarkan mengenai bagaimana posisi Rasulullah SAW ketika tidur. Isi dari riwayat tersebut ialah “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu”.

Memperbanyak Dzikir dan Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur, terdapat kebiasaan nabi muhammad yang bisa sobat jadikan sebagai salah satu contoh teladan. Adapun kebiasaan ini adalah memperbanyak dzikir serta doa sebelum beliau tidur.

Rasulullah selalu mengucapkan doa sebelum tidur, setelah itu memperbanyak dzikir sampai Beliau benar-benar terlelap tidur.

 

Dengan memiliki kebiasaan yang bagus, tentu akan ada banyak manfaat dan kebaikan yang bisa diperoleh. Karena itulah, Sobat bisa mencoba untuk menerapkan beberapa kebiasaan nabi muhammad yang sering diamalkan.

About

Check Also

2023 Punya Resolusi? Ini Dia Tips Mewujudkannya

smarteen.co.id – 2023 telah tiba. Salah satu hal yang banyak dilakukan orang di awal tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *