Home / GADGET / Keuntungan dan Kerugian Memotret dengan Format RAW

Keuntungan dan Kerugian Memotret dengan Format RAW

Smarteen.co.id — Barangkali kita sering melihat fotografer yang mengenakan kaos dengan tulisan “I Shoot RAW” saat hunting foto. Apa sih RAW itu? Lalu apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak di ulasan berikut ini.

Secara sederhana, saat kita memencet tombol shutter, kamera akan merekam data mentah yang diterima sensor (baca RAW). Berdasar data ini, software di dalam kamera akan memutuskan beberapa parameter, misalnya seberapa jauh foto perlu dipertajam, setting white balance mana yang sesuai, berapa level eksposur yang dipakai, seberapa besar saturasi warnanya dan seberapa besar beda kontrasnya, dan lain-lain.

Hasil pengolahan data oleh software di dalam kamera ini selanjutnya dikirim ke memory card dalam bentuk file JPEG. (belfot.com)

Bagi sebagian orang, ada yang tidak puas dengan hasil jadi yang disajikan kamera, sehingga mereka lebih memilih format RAW ketika memotret. Dari hasil foto mentah tersebut, oleh fotografer diolah dengan menggunakan software seperti Adobe Lightroom, ACDSee, dan sejenisnya agar nilai eksposur, white balance, saturasi, maupun kontras yang sesuai dengan kehendak fotografer. Baru setelah jadi, disimpan dalam format JPEG atau yang lain.

BACA JUGA: 5 Komposisi Foto Simpel, tapi Keren. Wajib Dicoba!

Keuntungan Menggunakan RAW

Pertama, kita lebih leluasa mengolah foto mentah menjadi foto matang sesuai keinginan kita. Kedua, informasi yang tersimpan lebih banyak  (jika Sobat memilih JPEG, kamera akan menghilangkan sebagian kecil data untuk memperkecil ukuran file dan mempercepat proses pengolahan). Ketiga, kualitas foto secara keseluruhan lebih baik, ini berkaitan dengan adanya kompresi jika memakai JPEG.

Kerugian Menggunakan RAW

Pertama, memakan kapasitas harddisk dan memory card. Karena tidak ada proses kompresi, maka ukuran file RAW jauh lebih besar dibanding JPEG (sekitar 3 sampai 4 kali lebih besar). Kedua, memakan waktu lebih banyak. Baik selama pemotretan (mengurangi kecepatan kamera terutama dalam mode burst) maupun selama pengolahan di komputer (karena ukuran filenya). Jadi mana yang kamu pilih, Sobat? []

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *