Home / KOMUNITAS / Kreasi Makanan dari Telur Agar Masakanmu Nggak Itu-Itu Aja

Kreasi Makanan dari Telur Agar Masakanmu Nggak Itu-Itu Aja

Smarteen.co.id – Bosan dengan penyajian telur itu-itu aja? Sobat bisa memanfaatkan kreasi makanan dari telur apabila suka dengan telur dan ingin makan dengan rasa yang berbeda.

Telur adalah salah satu bahan makanan yang hampir wajib ada pada suatu menu. Protein dan kandungan bermanfaat lainnya menjadi alasan mengapa telur sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain kandungan pada telur, rasanya yang lezat juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit. Biasanya telur digunakan sebagai pelengkap pada suatu masakan, namun tidak jarang juga telur dijadikan sebagai bahan utama pada suatu masakan.

Jika cenderung lebih suka menjadikan telur sebagai bahan utama pada suatu masakan, kreasi makanan dari telur ini akan menjadi pilihan tepat. Sebab kami akan memberikan beberapa contoh kreasi makanan yang unik dan menggunakan telur sebagai bahan utamanya.

Telur Bacem

Kami yakin Sobat pasti sudah tidak asing dengan namanya telur bacem. Olahan dari telur ini bisa ditemui dengan sangat mudah pada suatu warung makan. Sama dengan tahu atau tempe bacem, tampilan dari telur ini akan menjadi warna coklat khas kecap. Rasanya yang unik bisa mendorongmu untuk mencoba membuatnya. Berikut ini adalah resep sekaligus cara pembuatannya.

Bahan  utama : 10 butir telur rebus yang telah dikupas, 1 sdm gula pasir, 1 ltr air, 1 sdt garam, 2 lembar daun salam, 1 sdm air asam, kecap manis, 1 gelas air kelapa, 50 gram gula merah (sisir halus), 3 ruas lengkuas yang sudah dimemarkan.

Bahan bumbu halus : 1 sdt ketumbar sangrai, 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, dan cabai sesuai selera.

Cara Pembuatan : Pertama masaklah air hingga mendidih lalu masukkan air kelapa dan bumbu halus. Lanjutkan dengan menambahkan semua bahan utama kecuali telurnya. Aduk sampai merata agar gula dan garam larut.

Kecilkan api menjadi api sedang lalu masukkan telur ke dalam air. Rebuslah hingga air menyusut dan tampilan dari warna telur mulai berubah jadi coklat. Jika sudah rendam telur pada air rebusan tersebut selama 12 jam. Angkat telur dan telur bacem siap dihidangkan!.

Telur Rambutan

Telur rambutan? Mungkin nama itu terdengar asing di telingamu. Sebagian besar darimu pasti langsung membayangkan buah rambutan, benar begitu bukan? Ternyata kreasi makanan dari telur ini memang berhubungan dengan buah itu.

Bukan dari rasanya, melainkan memiliki kemiripan dari tampilannya. Telur ini akan dibuat dengan bentuk bola, lalu akan terdapat kulit dan isian sebagaimana buah rambutan. Penasaran dengan cara membuatnya? Simak informasi berikut.

Bahan utama : 1 butir telur, 6 buah tahu kotak putih (hancurkan), gula garam lada secukupnya, 2 sdm tepung terigu, kaldu ayam, 1 batang daun bawan (iris-iris).

Bahan untuk isian : telur puyuh, bakso, atau sosis sesuai selera.

Bahan untuk baluran : Telur kocok, mie yang sudah matang (campurkan).

Cara Pembuatan : Cara membuatnya dapat dimulai dengan menyampur semua bahan berbentuk bulat. Pipihkan hasil campuran dari bahan tersebut dan berikan isian. Setelah diberi isian diatasnya, dapat dibulatkan kembali. Celupkan dan padatkan pada baluran yang sudah disiapkan. Goreng hingga keemasan dan telut rambutan siap dihidangkan!.

Jika merasa bosan dengan penyantapan telur dengan cara yang sama, maka tidak perlu khawatir. Sobat bisa merasakan sensasi berbeda saat memakan telur dan memanfaatkan beberapa kreasi makanan dari telur seperti di atas.

 

About Aulia Galih

Check Also

Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Agar Cocok Digunakan

Smarteen.co.id – Memilih kacamata sesuai bentuk wajah adalah salah satu informasi penting yang harus dimiliki. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.