Home / INSPIRASI / Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Smarteen.co.id – Apakah Sobat ingin memelihara hewan tapi masih bingung menentukannya? Kami rekomendasikan agar memelihara kucing, terlebih ada banyak manfaat memelihara kucing. Apalagi kamu pasti juga sudah tidak asing lagi dengan kucing kan?

Kucing adalah salah satu hewan mamalia yang sering digunakan untuk hewan peliharaan. Bentuk tubuh mungil dan wajahnya yang lucu membuat banyak orang memiliki kecintaan untuk merawat hewan ini.

Mengapa kami merekomendasikan Sobat agar memelihara kucing? Alasannya sederhana, karena akan ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memelihara peliharaan kesayangan Rasulullah SAW.

Beberapa Manfaat Memelihara Kucing yang Membuatmu Yakin untuk Memeliharanya

Selain karena memang lucu dan menggemaskan, kami akan memberikan informasi yang mengungkap tentang manfaat jika Sobat memelihara hewan ini. Jika penasaran dengan manfaatnya, ikuti pembahasan berikut.

1. Manfaat Sebagai Amal Kebaikan

Salah satu manfaat yang bisa diterima jika merawat dan memelihara semua hewan termasuk kucing ialah bisa mendapatkan amal kebaikan sebagai balasannya. Sebab dengan memberikan tempat tinggal, makan, dan kasih sayang akan membuat hewan merasa terawat dan bahagia.

Karena itulah Allah SWT membalas perbuatanmu menjadi pahala. Sebab untuk merawat hewan terutama kucing itu diperlukan tenaga dan juga uang untuk membeli makanannya.

2. Mengurangi Rasa Kesepian

Apakah Sobat sering ditinggal sendiri di rumah? Nah, dengan memelihara kucing bisa membantumu mengurangi rasa kesepian tersebut. Sebab hanya dengan kehadiran kucing saja sudah bisa mengurangi kesepian apalagi jika kamu bermain dengannya.

3. Mendapatkan Rahmat saat Hari Kiamat

Berdasarkan pandangan islam, Sobat bisa mendapatkan kebaikan dan rahmat saat hari kiamat ketika menyayangi semua hewan. Hal ini sesuai dengan riwayat yang berbunyi “Barang siapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

4. Belajar untuk Sabar

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya ialah sebagai media untuk melatih kesabaranmu. Kucing adalah salah satu hewan yang sangat aktif sehingga terkadang perbuatannya merepotkan pemiliknya.

Beberapa contohnya ialah menggaruk-garuk sofa, buang air sembarangan, dan masih banyak lainnya. Dengan sering menghadapi hal ini tentu tingkat kesabaranmu akan semakin terlatih.

5. Perwujudan dari Sedekah

Dengan memelihara kucing, perbuatan ini juga bisa dianggap sebagai amalan sedekah. Sebab ketika memelihara hewan sudah pasti kamu harus memberinya makan. Jika tidak memberinya makan maka hewan peliharaan itu bisa mati.

Karena itulah dengan memberikan makan ketika memelihara kucing, ini bisa dianggap sebagai sedekah.

6. Merasa Tenang Karena Tidak Najis

Mengenai manfaat memelihara kucing selanjutnya ialah bisa membuat pemiliknya merasa tenang. Alasan ketenangan ini muncul karena tidak perlu mengkhawatirkan tentang kenajisan hewan tersebut.

Najis menjadi salah satu penghilang kesucian yang akan menghambat ibadah. Namun tidak perlu khawatir jika memelihara kucing. Air liur dari kucing saja bahkan tidak najis, sehingga kamu memiliki kebebasan untuk terus memegangnya.

Dengan membaca informasi di atas, pasti sudah tidak ada keraguan di pikiran Sobat untuk memelihara hewan ini. Apalagi manfaat memelihara kucing itu masih ada banyak yang belum bisa kami sebutkan kali ini.[]

 

About Aulia Galih

Check Also

Tips Dekorasi Kamar Aesthetic yang Bisa Sobat Coba

Smarteen.co.id – Dekorasi kamar aesthetic adalah ide inspirasi yang tepat bagi remaja saat ini. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.