Home / GADGET / Megapiksel Kamera Smartphone bukan Segalanya, Ini yang Bikin Kualitas Fotomu Bagus

Megapiksel Kamera Smartphone bukan Segalanya, Ini yang Bikin Kualitas Fotomu Bagus

“Mari, Kak, ini smartphone-nya bagus. Kameranya bening, sudah 20 megapiksel, kalau dipakai selfie juga bagus, bikin tambah cakep, tambah ganteng.”

Smarteen.co.id — Kamu pernah ditawari oleh sales promotion girl di pusat perbelanjaan smartphone dengan tawaran seperti itu, Sobat? Atau saat Sobat ngobrol dengan teman yang lain tentang kamera smartphone, apa yang pertama kali ditanyakan? Berapa megapiksel kameranya. Padahal, ada banyak faktor yang menjadikan kualitas foto bagus atau tidak. Apa saja?

Pertama, resolusi (megapiksel). Megapiksel sebenarnya hanya berkaitan dengan kemampuan foto untuk dicetak seberapa besar. Semakin besar ukuran megapiksel suatu kamera, akan semakin besar pula ukuran foto itu bisa dicetak. Namun pada kualitas foto, resolusi kamera hanyalah sebuah angka.

Kedua, sensor. Sensor yang dibawa oleh kamera smartphone memiliki peran yang lebih penting dibandingkan besarnya megapiksel. Semua megapiksel diharuskan masuk ke dalam sensor, maka jika ukuran sensornya kecil, harus kecil pula megapiksel yang dibawanya.

BACA JUGA: Memotret dengan Teknik HDR

Ketiga, lensa (aperture). Kualitas lensa menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar. Jika kamu adalah orang yang suka mengabadikan gambar di malam hari, maka wajib bagi kamu untuk mengambil smartphone yang memiliki bukaan lensa/aperture besar.

Keempat, autofocus. Faktor selanjutnya yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone adalah autofocus. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang tajam maka pilihlah kamera yang sudah terdapat autofocus, bukan yang fixedfocus.

Kelima, prosesor pengolah gambar. Selain hardware, hal terakhir yang menentukan kualitas kamera foto pada smartphone adalah prosesor pengolah gambarnya. Pengolah gambar ini bertugas memproses gambar yang diambil oleh kamera setelah gambar ditangkap.

Pada smartphone, pengolah gambar ini bergantung pada jenis chipset serta firmware bawaannya. Sudah jelas kan, Sobat. Jadi, jika kamu hendak membeli smartphone dengan kamera yang bagus maka pastikan faktor selain megapiksel kamera juga kamu perhatikan. []

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *