Home / JALAN-JALAN / Menikmati Sensasi Liburan dan Belajar di PPLH Seloliman Mojokerto

Menikmati Sensasi Liburan dan Belajar di PPLH Seloliman Mojokerto

Smarteen.co.id — Liburan memang menyenangkan. Apalagi jika saat liburan itu, kita bisa belajar suatu hal baru. Nah, pas banget. Kali ini, Smarteen bakal mengulas salah satu tempat berlibur dengan pemandangan yang enak dipandang, sekaligus memberi sensasi belajar yang menyenangkan. Waaah, seru tuh. Kira-kira di mana, ya?

PPLH Seloliman atau Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman jawabannya. Yap, di tempat wisata yang berlokasi di daerah Trawas, Mojokerto, Jawa Timur—tepatnya di lereng sebelah barat Gunung Penanggungan ini, kita bisa menikmati banyak hal menyenangkan.

Mulai dari kesempatan untuk melihat pemandangan alam yang subur nan memanjakan mata, keramahan masyarakat desa yang luar biasa, serta situs-situs peninggalan zaman kerajaan.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari nih kalau bermain ke sana. Apalagi, lokasinya yang berada di wilayah dataran tinggi membuat Seloliman tampak asri, sejuk, dan tentu saja mampu membuat Sobat betah berlama-lama berada di sana.

Nah, menurut sebuah sumber, sejak tahun 1990, Seloliman sudah berusaha untuk menunjang upaya-upaya pengelolaan lingkungan hidup, khususnya melalui bidang pendidikan dengan pelayanan yang bersifat informal, terbuka, dan santai.

Seloliman

Lokasi PPLH Seloliman yang Strategis

Wilayah yang cukup strategis selanjutnya membuat Seloliman sangat mudah untuk dijangkau oleh siapa pun. Jika hendak ke sana, kamu bisa menggunakan moda transportasi seperti sepeda motor, mobil, bahkan bus.

Di Seloliman juga mudah dijumpai penginapan atau vila dengan arsitektur menarik yang disewakan. Jadi, buat Sobat yang berasal dari luar kota, tak perlu khawatir, bisa banget menginap di sana.

BACA JUGA: Kawasan Wisata Gunung Kelud, Panorama Indah dalam Jejak Letusan

Persis di belakang vila, kamu bisa menemukan aliran sungai kecil yang sangat jernih. Air sungai ini merupakan air yang berasal langsung dari Pegunungan Penanggungan, lho.

Wah kebayang dong, gimana segarnya kalau air tersebut dibasuhkan ke wajah? Bahkan, tak jarang ada pengunjung yang meminum langsung air ini, karena memang masih murni.

Ada Banyak Kuliner Unik

Seloliman

Rasanya tak lengkap jika berlibur tanpa menikmati kuliner khas yang menjadi unggulan tempat wisata. Nah, di Seloliman, meski lokasinya di area pegunungan, terdapat cukup banyak restoran dengan menu yang anti-mainstream.

Salah satunya ada restoran yang menjual green noodle dan aloe vera ice. Ya, sesuai namanya, green noodle adalah kuliner semacam mi ayam tanpa kuah dengan mi berwarna hijau.

Warna hijaunya pun bukan berasal dari pewarna kimia yang berbahaya, melainkan dari kandungan hijau klorofil pada sawi yang dicampur dengan tepung saat pembuatan mi. Hm, pasti sehat, dong!

Sementara aloe vera ice merupakan es yang dibuat dari tanaman lidah buaya. Setelah melalui berbagai proses, aloe vera ice ini mampu menyuguhkan perpaduan manisnya gula jawa dan kenyalnya lidah buaya. Hm, jadi pengin coba!

Belajar Lingkungan dengan Menyenangkan

Setelah puas mencicipi kuliner, saatnya Sobat belajar. Ya, seperti informasi awal. Di sini memang tempatnya berlibur sambil belajar. Eits, tenang, belajar di sini dijamin nggak bakal membosankan kok, sebab kita akan belajar secara langsung dari alam.

BACA JUGA: Lautan Awan Puncak Gunung Lawu; Selalu Mengajak untuk Kembali Mendaki

Kita bisa mengamati atau praktik langsung di beberapa tempat edukasi yang telah disiapkan PPLH Seloliman. Antara lain adalah tempat pengolahan sampah, pembuatan pupuk kompos, dan budidaya sayur hidroponik.

Sangat cocok untuk Sobat yang punya ketertarikan dengan lingkungan, dan ingin menyelamatkan lingkungan sekitar dari ulah jahil orang-orang yang tak bertanggung jawab. So, kapan mau liburan ke Seloliman? []

TEEN JOURNALIST
Putri Indah Syukriyah
MA Matholi’ul Anwar Simo, Lamongan

About Ibnu Majah

Check Also

pantai nampu

Pantai Nampu Wonogiri, Surga Dunia di Balik Perbukitan Karst

Smarteen.co.id — Kabupaten Wonogiri memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *