Home / CURHAT / Orang Tua Sering Bertengkar, Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Orang Tua Sering Bertengkar, Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Assalamualaikum Smarteen. Bagaimana sikap saya sebagai anak pertama ketika orang tua saya sedang bertengkar? Padahal di situ ada adik saya. Saya tidak ingin adik saya salah paham. Terima kasih. [Pratiwi. Boyolali. 08131142xxxx]

Diasuh oleh:
Faifda Ariani, S.Psi., Psikolog
Psikolog Remaja

Wa’alaikumsalam, Sobat Pratiwi. Pertama, yang harus Sobat pahami adalah, dalam kehidupan rumah tangga, sering kali ada perbedaan pendapat maupun sikap antara suami-istri.

Perbedaan pendapat ini kadang menyebabkan pertengkaran. Namun sayangnya, kadang pertengkaran orang tua ini terjadi di depan anak, sehingga membuat anak merasa khawatir dan tidak nyaman, seperti yang Sobat alami saat ini.

Jika pertengkaran orang tua itu terjadi, sebaiknya Sobat dan adik melakukan hal-hal di bawah ini.

Pertama, menjaga emosi.Tenangkan diri Sobat dan jangan ikut terbawa emosi orang tua yang sedang bertengkar. Waktu orang tua Sobat saling teriak-teriak nggak jelas dan saling menyalahkan satu sama lain, biasanya Sobat ngerasain sesak di dada dan ingin nangis yang sekenceng-kencengnya. Saya mengerti, Sobat nggak salah kok, tetapi yang terpenting Sobat nggak boleh larut dalam kesedihan. 

Begitu juga dengan adik, tenangkan dirinya. Ajak menghindar dari depan orang tua yang sedang bertengkar dan beri pengertian bahwa orang tua kalian sedang menyelesaikan masalahnya. Beri tahu adik agar tidak perlu khawatir.

BACA JUGA: Menghindari ‘Sahabat Jadi Cinta’

Kedua, mendoakan orang tua.Ajak adik untuk ikut mendoakan orang tua agar masalah keduanya bisa segera diselesaikan dengan cara yang baik, sehingga tidak terjadi pertengkaran lagi.

Ketiga,tetap mengembangkan hubungan yang sehat dalam keluarga.Meskipun orang tua Sobat kadang bertengkar, ajak adik untuk tetap menghormati ayah dan ibu, bersikap hangat dan berkomunikasi yang sehat dengan keduanya. Tidak perlu ikut larut dengan pertengkaran atau menjadi pendukung salah satu pihak.

Keempat, jika memungkinkan, sampaikan kepada orang tua agar tidak bertengkar di depan anak. Pilihlah waktu yang tepat, di saat emosi orang tua sedang mereda dan dalam kondisi yang sangat santai, utarakan pendapatmu supaya ayah dan ibu tidak bertengkar di depan anak-anak. Sampaikan kekhawatiranmu tentang dampak negatifnya terhadap adik yang masih kecil.[]

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *