Home / KOMUNITAS / Resep Ayam Geprek yang Dapat Dibuat dengan Mudah

Resep Ayam Geprek yang Dapat Dibuat dengan Mudah

Smarteen.co.id – Ayam geprek bukanlah makanan yang asing lagi bagi masyarakat. Makanan yang sangat populer di tengah-tengah anak muda ini mulai digemari oleh masyarakat luas. Tidak mengejutkan jika banyak yang mencari resep ayam geprek.

Awalnya, ayam geprek biasa dijual di lingkungan kampus karena diminati mahasiswa. Alasannya ialah karena harganya relatif murah namun rasanya tidak murahan. Nah saat ini hampir setiap tempat bisa dijumpai resto yang menjual jenis makanan ini.

Pernahkah terlintas pikiran di kepala Sobat untuk mencoba membuat makanan ini? Cara pembuatannya yang mudah mendorong banyak orang untuk mencobanya. Sobat beruntung sekali nih, sebab kali ini kami akan menguak tentang resep ayam geprek yang bisa dengan mudah kamu terapkan.

Bahan yang Digunakan Sesuai Resep Ayam Geprek

Sebelum menerapkan cara pembuatannya, Sobat harus menyiapkan bahan yang akan digunakan dalam membuat masakan yang sedang populer ini. Berikut ini beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan.

Bahan Utama :

– 300g daging ayam

Bahan untuk Lapisan Tepung:

-70 g tepung terigu

-30 g tepung beras

-30 g tepung maizena

-1 sdt merica bubuk

-1 sdt bawang putih bubuk

-1 sdm kaldu ayam bubuk

-1 sdt garam

Bahan untuk Bumbu :

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt merica bubuk

– 2 siung bawang putih, parut

– 2 putih telur ayam, kocok hingga berbuih

– Minyak goreng

Bahan untuk Sambal Rawit:

– 20 buah cabe rawit merah

– 3 siung bawang putih

– 1/2 sdt garam

– 1/2 sdt gula pasir

– 2 sdm minyak panas

Proses Pembuatan Resep Ayam Geprek

Setelah semua bahan yang kami sampaikan sudah siap, maka Sobat bisa langsung mengeksekusinya dengan cara mengetahui cara pembuatannya. Ikuti proses pembuatannya melalui cara mudah berikut ini.

  1. Potonglah daging ayam yang sudah disiapkan sebelumnya menjadi ukuran sedang. Jika sudah, maka campur dan aduk hasil potongan tersebut dengan merica, garam, dan bawang putih.
  2. Jika sudah menyiapkan daging, maka proses selanjutnya ialah mempersiapkan bahan untuk membuat lapisan tepung. Caranya hanya perlu mencampurkan semua bahan sebelumnya.
  3. Langkah selanjutnya ialah dengan melumuri daging ayam yang sudah dibumbui sebelumnya dengan bumbu lapisan tepung. Masukkan campuran lapisan tepung ke suatu wadah lalu masukkan potongan daging yang sudah dibumbui. Celup dan gulingkan serta menekannya agar menempel.
  4. Siapkan minyak panas yang banyak lalu gorenglah potongan ayam yang sudah dilumuri dengan lapisan tepung sebelumnya. Goreng hingga warnanya menjadi keemasan lalu tiriskan.
  5. Langkah selanjutnya ialah membuat sambal sesuai dengan resep ayam geprek. Caranya dapat dilakukan dengan mengulek semua bahan untuk sambal yang kami sampaikan sebelumnya. Setelah di ulek maka siram sambal dengan minyak panas bekas dari menggoreng ayam sebelumnya.
  6. Sajikan ayam goreng dengan menuangkan sambal yang sudah dibuat ke atasnya. Dengan begitu ayam geprek sudah siap disantap.

Jadi itulah mengenai resep dari bahan sampai cara pembuatan ayam geprek, mudah bukan? Karena itulah Sobat bisa mencoba untuk menerapkan di rumah resep ayam geprek di atas.[]

About Aulia Galih

Check Also

Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Agar Cocok Digunakan

Smarteen.co.id – Memilih kacamata sesuai bentuk wajah adalah salah satu informasi penting yang harus dimiliki. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.