Home / GADGET / Simpel dan Gampang, Begini Cara Membuat Teknik Foto Panodash yang Keren

Simpel dan Gampang, Begini Cara Membuat Teknik Foto Panodash yang Keren

Smarteen.co.id — Jika Sobat hobi scrolling timeline Instagram, tentunya pernah melihat foto satu orang yang sama dengan pose yang berbeda-beda dalam sebuah frame. Jadi seolah-olah orang itu menjadi banyak, kayak orang kembar yang lagi foto bersama. Ini namanya teknik foto panodash.

Foto lain yang sejenis, ada penampilan mobil yang ter-stretch, sementara background-nya tetap sama persis. Ya, seperti ada beberapa mobil juga, padahal aslinya ada satu mobil saja.

Nah, teknik foto panodash ini gimana sih, buatnya? Diedit pakai aplikasi, apaan?

Mengedit foto menjadi seperti itu memang bisa, tapi ada cara lain yang lebih simpel. Nggak perlu aplikasi edit apa pun. Cuma butuh smartphone beserta aplikasi kameranya saja. Swear!

Foto Panodash

Bisa Dibuat dengan Mode Panorama Kamera

Yap, kamu tinggal memanfaatkan mode panorama yang biasanya ada di setiap kamera smartphone. Jika kamera di ponsel kamu nggak ada mode tersebut, coba unduh aplikasi kamera di Play Store yang memiliki mode panorama.

Setelah itu, kamu langsung bisa membuat foto dengan teknik panodash. Jadi, pertama kamu harus ubah menu kamera menjadi mode panorama. Mode panomara ini memungkinkan kamu untuk membuat foto dalam ukuran jarak pandang yang lebih lebar hanya dengan menggeser kamera, kan?

BACA JUGA: Membuat Karya Timelapse Ciamik

Setelah itu, langsung arahkan kamera untuk memotret objek yang dijadikan model pada titik pertama. Saat kamera digeser untuk mengambil gambar di sisi lain, model harus segera berpindah ke titik yang akan difoto lewat arah yang berlawanan dari arah putaran fotografer. Ganti gaya, dan kembali berpindah ke titik lain sampai proses pemotretan dengan mode panorama selesai.

Foto pano drive-by

Hasilnya? Sebuah foto panodash—dengan model yang sama, tetapi dalam beberapa pose dan posisi pasti akan didapatkan.

Sementara untuk memotret mobil, tekniknya biasa disebut pano drive-by. Sebenarnya konsepnya sama. Kamu tinggal memotret mobil yang berjalan di samping pagar yang bisa menjadi background, lalu ikuti pergerakannya dengan menggeser kamera bermode panorama. Jadi, deh! Mudah, kan? []

About Ibnu

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *