Home / CURHAT / Walaupun Berguna, Terdapat Dampak Negatif Sosial Media yang Peru Diketahui!

Walaupun Berguna, Terdapat Dampak Negatif Sosial Media yang Peru Diketahui!

Smarteen.co.id – Jarang yang tahu bahwa terdapat dampak negatif sosial media yang berpotensi menyerang penggunanya. Jika dilihat dari luarnya, keberadaan sosial media memang sangat membantu dengan berbagai fungsinya terutama untuk bersosialisasi.

Namun terdapat sisi gelap di dalam sosial media yang membuat pengguna bisa mendapatkan dampak negatif tersebut. Yang lebih mengenaskan lagi ialah sebenarnya banyak orang sudah mengetahui dampak negatif ini namun justru menormalisasikannya.

Sebagai generasi penerus, sudah seharusnya jika Sobat bisa menghindari atau mencegah dampak negatif tersebut. Namun untuk bisa mencegahnya tentu kamu harus mengetahui seperti apa saja dampak negatif yang ada di balik sosial media. Jika penasaran, berikut ini kami uraikan beberapa dampak negatif sosial media.

Mengganggu Waktu Tidur

Salah satu dampak negatif sosial media yang sudah marak terima banyak penggunanya namun sudah dianggap hal biasa ialah terganggunya waktu tidur. Tidak jarang jika ada banyak orang yang saat hedak tidur mengoperasikan ponsel mereka.

Hal ini dilakukan karena beberapa orang berniat mengetahui beberapa informasi terbaru sebelum tidur dengan mengakses sosial media. Padahal ternyata justru hal ini bisa mengantarkanmu untuk mengulur waktu tidur.

Sebab pancaran sinar dari layar smartphone ternyata membuat kita tidak kunjung merasa ngantuk. Sehingga jika terlalu asyik membuka sosial media, mungkin kamu tidak menyadari jika sudah membukanya terlalu lama.

Alhasil waktu tidur menjadi mundur dan membuat durasi tidurmu berkurang. Padahal kesehatan itu bisa dijaga dengan memiliki kualitas tidur yang bagus. Karena itulah kami rekomendasikan agar tidak mengoperasikan hp demi membuka sosial media sebelum tidur. Hal ini wajib dilakukan jika tidak ingin mendapatkan dampak negatif sosial media.

Menurunkan Rasa Percaya Diri Bahkan Menyebabkan Gangguan Mental

Kesehatan mental adalah salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Sebab kesehatan fisik itu juga pasti akan diikuti dengan kesehatan mental. Walaupun terlihat tidak saling berhubungan, kondisi fisik seseorang bisa dipengaruhi oleh dorongan dari keadaan mental yang terganggu.

Mengapa sosial media bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang? Alasannya ialah karena kamu melihat ada banyak orang yang memiliki nasib yang lebih baik darimu. Jika tidak memiliki pemikiran yang positif, hal ini bisa membuatmu merasa iri, insecure, dsb.

Bahkan gangguan mental juga bisa diidap oleh pengguna sosial media jika terus mendapatkan hal seperti di atas secara terus-menerus.  Belum lagi sosial media saat ini juga bisa menjadi salah satu medium untuk melakukan bullying. Bahkan bullying yang dilakukan melalui sosial media dampaknya akan jauh lebih parah dibandingkan perundungan secara langsung.

Bisa Termakan Hoaks

Dampak negatif sosial media selanjutnya ialah mudahnya pengguna internet saat ini termakan hoaks atau informasi bohong. Meskipun terlihat sepele, ternyata dampak ini bisa menyebabkan dampak yang lebih berbahaya seperti terjadinya perselisihan antar individu, kelompok, atau bahkan antar suku.

Walaupun memang orang tua adalah target yang paling empuk terkena sosial media karena ketidakmampuan mereka menguasai gadget, Sobat juga harus tetap waspada. Pastikan sebelum menyebarkan informasi itu harus dipastikan terlebih dahulu kebenaran dari informasinya.

Tidaklah sedikit mengenai beberapa contoh dari dampak-dampak yang bisa diakibatkan oleh sosial media terutama dalam konteks negatif. Karena itulah Sobat jangan sampai terlalu terlena pada kemudahan dari platform itu saja, sebab jika tidak berhati-hati maka bisa saja kamu terkena dampak negatif sosial media.[]

About Aulia Galih

Check Also

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Smarteen.co.id – Apakah Sobat ingin memelihara hewan tapi masih bingung menentukannya? Kami rekomendasikan agar memelihara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.