Home / INSPIRASI / 5 Aturan Hidup Bahagia buat Kamu yang Ingin Jadi Manusia Bahagia

5 Aturan Hidup Bahagia buat Kamu yang Ingin Jadi Manusia Bahagia

Smarteen.co.id – Hidup bahagia pasti menjadi keinginan semua orang. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang berusaha keras demi mendapat kebahagiaan. Kamu pun pasti melakukannya, entah secara disadari atau tidak.

Sobat Smarteen, pada dasarnya kebahaagiaan seseorang amat sederhana. Setiap kita memiliki cara masing-masing untuk mendapatkan kebahagiaan. Sehingga, ukuran kebahagiaan sendiri pun tak bisa diperbandingkan dengan kebahagiaan orang lain.

Namun begitu, ada beberapa aturan sederhana yang bila dipatuhi, maka kita bisa menemukan kebahagiaan versi diri kita masing-masing. Inilah beberapa aturan hidup bahagia tersebut…

Pertama, kita harus memahami bahwa apa yang orang lain pikirkan tentang kita bukanlah urusan kita, mereka tidak tahu apa-apa tentang diri kita. Hal ini menunjukkan bahwa kadang kala kita memang harus bersikap tak acuh dengan apa yang orang lain ungkap atau pikirkan tentang kita.

Jika perkataan orang lain tentang diri kita adalah sesuatu yang mampu membangun kita menjadi sosok yang lebih baik, maka kita perlu mendengarkan. Namun, jika itu justru sesuatu yang hanya akan membuat kita terpuruk, cukup abaikan. Pikiranmu terlalu berharga untuk digunakan memikirkan berbagai hal tak penting itu.

Kedua, ingat bahwa waktu akan menyembuhkan hampir segalanya, berikanlah dirimu sedikit waktu. Ya, waktu memang sesuatu yang misterius. Tidak bisa diputar balik, apa pun yang pernah terjadi, tidak akan pernah bisa diulangi.

BACA JUGA: Masa Remaja, Masa Indah yang Dapat Mengantar kepada Bahagia atau Nestapa

Nah, jika kini hari-harimu dipenuhi dengan kerisauan ataupun penyesalan atas segala hal yang pernah terjadi di masa lalu, sebaiknya kamu segera memberikan waktu khusus untuk menikmati hidupmu saat ini.

Longgarkan sejenak waktumu untuk melakukan hal-hal yang kamu senangi, semua demi mengobati rasa sakit atau kecewa atas apa yang telah terjadi. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan menemukan kebahagiaanmu.

Ketiga, tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain, semua punya cerita dan perjuangannya masing-masing. Sejatinya, permasalahan yang kerap membuat kita tak bahagia muncul karena kita sering merasa iri dengan pencapaian orang lain. Hal ini terjadi karena kita sering secara tak sadar membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Padahal, kita dan orang lain adalah sosok yang berbeda. Sehingga, sangat wajar jika memang kita tak bisa seperti mereka. Mereka pun tak bisa seperti kita. So, stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Selalu syukuri apa yang telah kamu miliki  saat ini. Berjuanglah lebih keras lagi jika ingin menjadi lebih baik, tanpa harus menyamakan diri dengan orang lain.

Keempat, tidak perlu berpikir berlebihan, nggak masalah kok untuk nggak tahu jawabannya sekarang. Jawaban sering kali datang ketika kamu malah tidak berekspektasi. Ya, kadang jika kita menemui sesuatu yang sulit dipecahkan jawaban atau solusinya, kita hanya perlu berhenti sejenak untuk memikirkan hal tersebut.

Nggak apa-apa jika hari ini belum bisa memecahkannya. Suatu hari nanti, pasti jawaban itu akan ditemukan, atau bahkan datang sendiri tanpa perlu dicari. So, berpikirlah sesuai kemampuan diri, jika memang lelah, istirahat. Dan kamu pasti akan bahagia.

BACA JUGA: Life is Wonderful

Kelima, tersenyumlah. Kamu bukan satu-satunya orang yang punya masalah di dunia ini. Kata seorang penulis, senyum adalah lengkung yang bisa meluruskan banyak hal. Jadi, senyum setidaknya bisa membuat hari-harimu lebih menyenangkan, entah seberat apa itu.

Ingat, kamu bukan satu-satunya orang yang punya masalah. Orang lain mungkin bahkan memiliki masalah jauh lebih kompleks daripada kamu. Jadi, tetap bersyukur atas apa yang kamu miliki dan dapatkan sekarang ini. Tetap tersenyum, siapa tahu senyummu itu bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain. [Ibnu Majah]

About admin

Check Also

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Smarteen.co.id –- Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Mari simak ulasan berikut ini. Sebab, Ramadhan adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *