Home / CURHAT / Ada Benjolan di Hidung, Mungkinkah Berpotensi Jadi Penyakit Berbahaya?

Ada Benjolan di Hidung, Mungkinkah Berpotensi Jadi Penyakit Berbahaya?

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya Andi kelas XII SMA. Akhir-akhir ini saya merasa ada sesuatu yang mengganjal di dalam rongga hidung saya. Bentuknya seperti benjolan kecil di bawah kulit. Memang keberadaannya tidak terlalu mengganggu untuk saat ini, tetapi yang saya takutkan apakah benjolan itu bisa berpotensi menjadi besar? Lalu bagaimana solusinya? Terima kasih. [08522752xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Annisa Inayati
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Sobat Andi, sebelumnya perlu diketahui lebih dulu: sejak kapan munculnya, progresivitas tumbuhnya apakah masif atau tidak, letaknya, kekenyalannya, bentuknya, warnanya, hilang timbul kah, faktor-faktor yang memengaruhi perburukan atau kemunculannya, serta ada tidaknya gejala penyerta dari benjolan.

Dari sinilah pertanyaan mengenai apakah benjolan tersebut akan berpotensi menjadi besar, akan terjawab.

Beberapa penyakit yang dapat menjadi diagnosis banding benjolan di hidung di antaranya yaitu polip, sinusitis akut, abses, bisul, kista fibrosis, neurofibromatosis, kanker hidung, dan lain sebagainya.

Polip adalah jaringan tidak wajar yang tumbuh di hidung. Bentuknya bulat, kenyal, dan tidak nyeri tekan, berwarna putih keabu-abuan. Polip tidak berpotensi ganas, tetapi berpotensi membesar dengan progresivitas yang rendah.

Sinusistis akut adalah bentuk infeksi pada rongga di dalam kepala-hidung yang dapat menyebabkan jaringan di sekitarnya membengkak sehingga saat diraba seperti benjolan.

BACA JUGA: Sering Mimisan Saat Kepanasan, Wajar atau Ada Masalah Kesehatan Tertentu?

Abses dan bisul, merupakan infeksi pada jaringan di dalam hidung yang jika tidak tertangani akan semakin membesar dan nyeri, berbentuk kemerahan dan berisi nanah.

Kista fibrosis merupakan salah satu tumor yang dapat timbul di hidung, progresivitasnya rendah, tidak nyeri, dan tidak mudah pecah.

Neurofibromatosis merupakan salah satu jenis tumor genetik jaringan saraf berbentuk seperti daging yang lembut, dapat timbul di hidung, progresivitasnya rendah, dan dapat berpotensi membesar.

Kanker hidung, penyakit yang wajib kita garis bawahi. Progresivitasnya cepat, nyeri, bentuknya tidak beraturan, sering disertai perdarahan atau gejala penyerta lain, misalnya nyeri kepala, bau, telinga berdenging atau terasa penuh, hidung tersumbat, pandangan dobel. Segera konsultasi ke dokter untuk penanganan secepatnya. Semoga bermanfaat.[]

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *