Home / CURHAT / Sering Mimisan Saat Kepanasan, Wajar atau Ada Masalah Kesehatan Tertentu?

Sering Mimisan Saat Kepanasan, Wajar atau Ada Masalah Kesehatan Tertentu?

Asalamualaikum Smarteen. Saya mau tanya, apakah saya termasuk orang yang menderita penyakit tertentu atau ini memang wajar ketika kepanasan? Saya termasuk orang yang sering mimisan saat terpapar panas seperti saat upacara maupun olahraga. Terima kasih. [Nanda, 08572567xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Ana Kurniawati
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Sobat Nanda, Epitaksis atau mimisan adalah kondisi di mana darah keluar dari lubang hidung. Mimisan biasanya terjadi pada anak-anak, tetapi tidak jarang juga terjadi pada orang dewasa maupun lanjut usia.

Mimisan bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang timbul dari suatu penyakit. Mimisan dapat disebabkan oleh kelainan lokal maupun sistemik.

Kelainan lokal hidung misalnya; benturan, kelainan anatomi, kelainan pembuluh darah di hidung, infeksi, benda asing, maupun pengaruh lingkungan. Sedangkan kelainan sistemik misalnya; kelainan kardiovaskuler,  kelainan darah, infeksi sistemik.

Jika Sobat sering mimisan saat olahraga atau saat kepanasan, bisa jadi karena faktor kelelahan dan dehidrasi. Pada orang biasa, hal itu umum terjadi, tetapi jika menyerang seseorang dengan kondisi tertentu, misalnya mempunyai pembuluh darah di hidung yang sangat sensitif, maka dapat menyebabkan mimisan.

BACA JUGA: Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan

Kelelahan tubuh yang terlalu ekstrem dapat menyebabkan jaringan dan pembuluh darah hidung ikut lelah dan terbebani untuk terus mengatur pasokan darah yang terus mengalir. Jika dipaksakan, maka pembuluh darah menjadi terus tertekan dan mendapat desakan kemudian menjadi pecah lalu timbullah pendarahan.

Pertolongan pertama yang dilakukan adalah duduk tegak dengan posisi kepala sedikit condong ke depan, lalu tekan hidung bagian depan selama beberapa menit dengan tetap bernapas melalui mulut.

Jika belum berhasil, coba gunakan kompres hidung dengan es yang dibalut dengan handuk kecil kemudian ditempelkan pada batang hidung, diharapkan pembuluh darah dapat mengecil dan menghentikan perdarahan.

Mimisan umumnya tidak berbahaya, tetapi jika frekuensinya sering dikhawatirkan ada penyakit lain yang mendasari. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Sobat memeriksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. []

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *