Home / CURHAT / Pusing Tiap Ketemu Matematika dan Fisika, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pusing Tiap Ketemu Matematika dan Fisika, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Asalamualaikum Smarteen. Gimana caranya agar saya bisa happy dengan pelajaran Matematika dan Fisika? Tiap bertemu pelajaran itu saya selalu pusing duluan. Terima kasih. [Arya, 08565410xxxx]

Diasuh oleh:
Faifda Ariani, S.Psi., Psikolog
Psikolog Remaja

Wa’alaikumsalam Sobat Arya. Waduh, itu pelajaran yang paling ditakuti sebagian anak sekolah dari zaman old sampai zaman now, ya? Ada yang takut karena gurunya killer, ada yang takut karena belum-belum sudah pusing berhadapan dengan angka-angka dan hitungan dan sebagainya. Supaya Sobat bisa menyukainya, cobalah beberapa tips di bawah ini.

Pertama, tanamkan dalam diri bahwa mata pelajaran Matematika dan Fisika banyak manfaatnya buat kita. Materi pelajaran di sekolah tidak semata-mata diberikan kepada murid. Semua ada pertimbangan dan tujuannya, agar bisa menjadi bekal murid di sekolah tingkat selanjutnya dan bermanfaat di dalam kehidupan sehari-hari.

Sobat harus menyugesti diri dengan kuat bahwa mata pelajaran tersebut bermanfaat. Kalau Sobat sudah bisa meresapi manfaatnya, maka insya Allah akan timbul rasa suka.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rasa Iri Terhadap Pencapaian Orang Lain

Kedua, bergaul dengan teman yang suka Matematika dan Fisika. Percaya atau tidak, aura positif mereka yang menyukai Matematika dan Fisika akan menular. Tidak usah sungkan, sampaikan saja bahwa Sobat ingin belajar mencintai Matematika dan Fisika, jadi mintalah untuk diizinkan dekat dengan mereka dan jika diperbolehkan minta dibantu jika ada materi yang Sobat belum pahami.

Ketiga, enjoy dan banyak latihan. Sebenarnya belajar Matematika itu sangat mengasyikkan lho, dibawa enjoy aja. Jangan tersugesti oleh rasa takut, sebab jika saraf-saraf tegang maka otak pun tidak bisa berpikir dengan sehat dan jernih.

Kalau Sobat sudah mulai suka dan enjoy, mengerjakan dua mata pelajaran itu rasanya jadi seperti main game teka-teki saja, karena ada persoalan yang harus diselesaikan dengan cara-cara tertentu.

Pelajaran Matematika dan Fisika bukan mata pelajaran yang membutuhkan banyak hafalan, tapi perlu banyak latihan. Dengan banyak berlatih, insya Allah Sobat akan semakin dekat dan mencintainya, serta makin mahir dalam menyelesaikan soal-soalnya. []

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *