Home / CURHAT / Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan

Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan

Assalamu’alaikum Dokter, bagaimana caranya mengatasi iritasi kulit karena menggunakan jam tangan dengan berbahan sejenis logam? Kulit saya sering gatal-gatal jika menggunakan jam tangan bahan itu. Terima kasih. [08572569xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Endika Rachmawati
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam Wr. Wb., Sobat. Iritasi kulit karena menggunakan jam tangan dengan bahan logam terjadi karena dermatitis kontak atau peradangan pada kulit yang terjadi akibat kontak dengan zat asing dari luar.

Peradangan ini bisa menimbulkan gejala berupa gatal-gatal, ruam kemerahan, kulit kering, kulit melepuh, bersisik, menebal, pecah-pecah, serta dapat muncul rasa nyeri di luka. Dermatitis kontak dibagi menjadi 2, yaitu dermatitis kontak alergi (DKA) dan dermatitis kontak iritan (DKI).

Pertama, Dermatitis kontak alergi (DKA) merupakan peradangan pada kulit yang disebabkan kontak kulit dengan suatu zat yang menimbulkan reaksi alergi. DKA biasanya muncul 1 atau 2 hari setelah paparan. Zat yang dapat menimbulkan DKA adalah sabun cuci, bahan kosmetik, logam nikel atau kobalt pada jam tangan atau perhiasan, dan lain-lain.

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung, Efektif!

Kedua, Dermatitis Kontak Iritan (DKI)  merupakan peradangan pada kulit yang disebabkan terpaparnya kulit dengan zat asing yang merusak lapisan luar kulit. DKI muncul segera setelah terkena paparan. DKI biasanya sering disebabkan oleh bahan-bahan kimia seperti sabun, detergen, antiseptik, pemutih, produk kosmetik, dan lain-lain.

Atasi Gatal Akibat Dermatitis Kontak

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal-gatal yang terjadi akibat dermatitis kontak, antara lain;

Pertama, menghindari paparan zat yang dapat mencetuskan dermatitis kontak. Bila tidak dapat dihindari, usahakan menggunakan pelindung bila harus terpapar dengan bahan tersebut.

Kedua, segera mencuci dengan air yang mengalir bila terpapar dengan bahan kimia. Ketiga, menggunakan pelembab kulit untuk melindungi dan mengurangi risiko kulit kering.

Keempat, hindari menggaruk kulit yang gatal karena akan memperparah luka dan dapat menyebabkan infeksi sekunder. Kelima, mengoleskan obat krim yang mengandung kortikosteroid untuk mengatasi peradangan. Keenam, segera periksa ke dokter apabila keluhan belum berkurang.[]

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *