Home / CURHAT / Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung, Efektif!

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung, Efektif!

Asalamualaikum Dokter. Saya mau tanya, apakah jerawat di punggung itu berbahaya? Lalu apa sebab dan bagaimana mengatasi hal tersebut? Terima kasih. [Riski. Wonogiri. 08232473xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Novia Kartiningrum
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam, Sobat Riski. Jerawat merupakan masalah kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya.

Penyebab jerawat punggung sama dengan jerawat wajah, antara lain karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati, dan menjamurnya bakteri penyebab jerawat.

Kulit punggung dan dada lebih banyak mengandung sebum (minyak kulit) dan bakteri penyebab jerawat dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Caranya; gunakan pakaian yang menyerap keringat, kurangi menggendong tas ransel, dan segera mandi setelah berkeringat.

Jika Sobat memiliki kulit yang kering, gunakan pelembap non-comedogenic karena kulit kering yang berlebih menyebabkan munculnya jerawat. Hindari juga obat yang mengandung androgen dan lithium karena bisa menyebabkan jerawat.

Meskipun penyebab jerawat punggung sama seperti jerawat wajah, tetapi cara penanganannya berbeda. Kulit punggung memiliki pori-pori lebih besar dibandingkan dengan pori-pori wajah, sehingga kulit punggung akan lebih mudah untuk tersumbat.

BACA JUGA: Cegah Gejala Mata Lelah

Cara yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat di punggung antara lain;

Pertama, obati jerawat secara mandiri tanpa resep dokter menggunakan benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun ingat, ini hanya untuk jerawat kategori ringan.

Kedua, jaga kebersihan tubuh dengan teratur membersihkan kulit terutama setelah berkeringat, mencuci rambut dan membilas sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada conditioner shampoo yang tertinggal.

Ketiga, hindari sinar matahari secara berlebihan dan memencet jerawat.

Jika cara-cara di atas tidak mampu menghilangkan jerawat dari punggung Sobat, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk perawatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. []

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *