Home / CURHAT / Selalu Diare Saat Perubahan Cuaca, Apa Sebabnya?

Selalu Diare Saat Perubahan Cuaca, Apa Sebabnya?

Assalamu’alaikum dokter, apakah ada kaitannya cuaca dingin dan diare? Kalau cuaca dingin, saya jarang kedinginan. Namun, setelah itu pasti sakit perut dan diare, padahal sebelumnya sehat. Hal itu selalu berulang. [Lina, Sragen, 08132934xxxx]

Diasuh oleh:
Tim Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Wa’alaikumsalam. Sobat Lina, sepanjang pengetahuan dan pengalaman kami, cuaca dingin tidak berhubungan langsung dengan sakit perut dan diare.

Keluhan umum dari cuaca dingin di antaranya: demam, pusing, flu, batuk, gatal alergi, juga peningkatan frekuensi buang air kecil.

Pada kasus yang dialami Sobat Lina, jika memang hal ini selalu berulang, bisa jadi karena beberapa kemungkinan.

Pertama, dalam kondisi cuaca dingin, kemungkinan tubuh menelan udara lebih banyak dari kondisi biasa. Udara yang banyak tertelan ke dalam perut akan menyebabkan perut kembung.

Perut kembung inilah yang mungkin menyebabkan sakit perut atau nyeri perut yang dialami.

Udara berlebih dalam perut seharusnya dikeluarkan lewat serdawa atau kentut. Jika keduanya tidak terjadi sebagaimana mestinya, udara berlebih pada saluran pencernaan akan mengganggu penyerapan cairan sisa-sisa makanan.

Ketika penyerapan cairan terganggu, maka bisa terjadi Buang Air Besar (BAB) cair (mencret). Secara medis, seseorang bisa dikatakan diare jika mengalami BAB cair 3 kali atau lebih dalam sehari.

BACA JUGA: Sering Mimisan Saat Kepanasan, Wajar atau Ada Masalah Kesehatan Tertentu?

Kedua, secara umum keluhan sakit perut dan diare lebih banyak dipengaruhi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Di samping itu, bisa jadi penanda adanya penyakit lain yang perlu dikaji lebih lanjut.

Jika Sobat Lina sudah menjaga makan dan minum yang bersih dan tidak merangsang seperti pedas, asam, santan, berminyak, serta telah mengatur aktvitas agar tidak menelan udara banyak sehingga kembung, seharusnya keluhan itu sudah bisa berkurang.

Apabila keluhan masih berlanjut, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai. Segera kunjungi dokter terdekat.[]

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *