Home / INSPIRASI / Cinta Baca Buku di Era Gadget

Cinta Baca Buku di Era Gadget

Smarteen.co.idBuku adalah Jendela Dunia. Yap, Lewat buku, kamu jadi tahu segala hal yang sebelumnya kamu enggak tahu. Memang sih sekarang sudah ada internet, tapi keberadaan buku tetap enggak bisa tergantikan.

Di tengah ‘ledakan’ teknologi di mana berbagai produk telah dikemas menjadi bentuk digital, kebiasaan membaca buku konvensional tetap harus dipelihara. Why?  

Kamu tentu masih ingat betapa sejak kecil selalu dianjurkan untuk rajin membaca agar lebih pintar. Anjuran ini bukan sekadar isapan jempol belaka lho, Sob.

Penelitian terbaru yang diikuti 30.000 peserta di Australia menyimpulkan bahwa mereka yang gemar membaca buku, baik fiksi maupun nonfiksi, ternyata memiliki daya ingat yang jauh lebih tinggi dan akurat dibandingkan mereka yang tidak suka membaca. Wah, amazing banget, kan?

So, kalau kamu pengin punya daya ingat yang tinggi dan akurat, mulai sekarang mesti rajin-rajin membaca buku! Baca buku itu asyik, kok. Coba deh Sobat Smarteen ikuti beberapa tips berikut ini!

BACA JUGA: 5 Buku Recommended untuk Temani Kamu di Rumah Aja

Tumbuhkan motivasi

Agak klasik memang, tapi untuk memulai sesuatu kamu perlu motivasi, termasuk membaca buku. Nah, untuk menumbuhkan motivasi membaca buku, kamu bisa berpikir, misalnya nih kamu bakal tampak keren jika mampu membaca banyak buku, sebab wawasanmu jadi lebih luas.

Pilih buku yang kamu suka

Sebagian besar kesalahan orang-orang saat mulai membaca adalah membaca hal-hal yang enggak mereka sukai. Nah, makanya penting banget buat kamu untuk cari tahu jenis bacaan apa yang kamu suka.

Misalnya, kamu penggemar fiksi, silakan untuk membaca buku fiksi kayak novel, kumpulan cerpen, dan sebagainya. Untuk mendapatkan wawasan, kamu enggak melulu harus membaca buku yang ‘berat’, kok. Buku-buku fiksi juga bakal memberi pelajaran berharga buat kamu.

Setelah rajin membaca buku fiksi, biasanya kamu bakal mulai penasaran dengan buku-buku lain. Saat itu, kamu bisa coba baca buku nonfiksi. Enggak harus langsung baca satu buku full, kamu bisa memilih secara random bagian-bagian yang membuatmu tertarik. Dijamin, lama kelamaan kamu bakal suka membaca penuh. 

Minta rekomendasi

Kamu enggak tahu jenis bacaan apa yang kamu sukai? Kalau begitu, coba deh minta rekomendasi buku bacaan dari orang lain. Biasanya, buku yang direkomendasikan punya nilai lebih yang bisa bikin kamu semangat buat membaca, Sobat.

Cari teman yang suka baca buku

Ada yang bilang kalau kamu berteman sama orang pintar, maka kamu akan ikutan pintar. Nah, hal ini berlaku juga buat membaca. Kamu bisa berteman dengan orang-orang yang memang suka membaca. Atau kamu bisa juga ikutan komunitas pencinta buku yang ada di daerahmu.

Cari spot paling cozy untuk membaca

Kalau memang perpustakaan yang ada di sekitarmu terlalu menjenuhkan, kamu bisa cari tempat yang lebih asyik sekaligus cozy buat membaca. Misalnya nih, ke kafe yang lagi hits, ke taman yang banyak pepohonan, atau ke toko buku.

Bahkan, di kendaraan umum atau di samping jendela kamar kamu pun bisa menjadi spot asyik buat membaca. Pokoknya, cari tempat senyaman mungkin buat me time with book versi kamu.

BACA JUGA: Aplikasi iPusnas, Surga Digital Pencinta Buku

Manfaatkan gadget dengan bijak

Sob, kamu tahu kan kalau sekarang banyak hoaks di internet? Nah, membaca buku adalah salah satu alternatif menghindari hoax, sebab informasi yang ada di dalam buku lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, kamu juga bisa berbagi informasi, atau sekadar quote-quote menarik dari buku yang kamu baca via media sosial kamu. Jadi, kamu bisa membaca, sekaligus tetap kekinian.[]

About admin

Check Also

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Smarteen.co.id –- Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Mari simak ulasan berikut ini. Sebab, Ramadhan adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *