Home / GADGET / Aplikasi iPusnas, Surga Digital Pencinta Buku

Aplikasi iPusnas, Surga Digital Pencinta Buku

Smarteen.co.id — Mencium aroma kertas buku memang nikmat, tetapi kalau kantong sedang ‘sekarat’, mau bagaimana lagi? Harus kita akui, aktivitas membaca buku bukan perkara murah. Kamu yang hobi baca buku perlu menyisihkan uang saku dalam jumlah tertentu sebagai budget untuk membeli buku.

Jika sedang beruntung, kamu bisa meminjam dari teman atau perpustakaan di sekitar tempat tinggalmu. Namun, bagaimana kalau temanmu tak hobi baca buku, dan di sekitarmu juga tak ada perpustakaan? Yap, membeli adalah satu-satunya solusi. Itu pun jika di sekitarmu ada toko buku. Jika tidak, kamu harus membeli lewat toko online. Lagi-lagi, semua kembali pada jumlah dana yang kamu miliki.

Ah, kenapa susah sekali hanya untuk baca buku? Eits, jangan mengeluh dulu, Sobat. Kini kamu bisa membaca buku-buku koleksi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara gratis, di mana pun, dan kapan pun. Bagaimana bisa?

Semua berkat iPusnas, aplikasi perpustakaan digital yang dipersembahkan Perpusnas Republik Indonesia untuk semua orang yang suka membaca buku. Dalam pembuatannya, Perpusnas bekerja sama dengan Aksamaraya untuk mengembangkan aplikasi ini.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Online untuk Menemani Belajar di Rumah

Wah, enak sekali kan? Sekarang nggak perlu bingung lagi cari pinjaman buku. Tinggal download iPusnas, dan koleksi Perpusnas segera ada di perangkat genggammu.

Tak Sekadar Membaca Buku

Lalu, seperti apa sih bentuk koleksi yang disediakan dalam iPusnas ini? Apakah bisa kita nikmati aroma kertasnya juga, seperti buku cetak? Tentu saja tidak, dong. Di sini iPusnas menyediakan koleksi berupa ebook alias buku digital.

Jadi, kamu hanya bisa membacanya melalui gadget. Sedikit kurang asyik sih, memang, terutama jika kamu adalah pencinta buku cetak ‘garis keras’. Namun, jika kamu tak memiliki cukup ‘kemampuan’ untuk mendapatkan buku cetak, ya iPusnas ini adalah salah satu solusi paling manjur agar kamu tetap bisa menyalurkan hobi membaca buku.

Oh ya, tidak hanya sekadar membaca buku, aplikasi yang tersedia di platform Android dan iOS ini juga memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain melalui fitur-fitur layaknya media sosial. Pengguna dapat menerbitkan rekomendasi buku yang ia baca, menulis ulasan buku, dan sebagainya.

Selain itu, tersedia juga dua opsi untuk membaca yang dapat pengguna pilih, yakni membaca secara online dan offline.

Untuk versi offline, kamu harus mengunduh ebook tersebut. Hasil unduhan ini pun hanya bisa kamu baca lewat aplikasi iPusnas, dan berlaku selama beberapa hari saja. Namun, jangan khawatir jika kamu belum selesai membaca, tetapi masa berlaku segera habis, sebab kamu bisa melakukan perpanjangan masa pinjam. Seru, kan? Seperti meminjam buku secara manual, tetapi ini dapat kamu jangkau dari mana saja.

Selanjutnya, ada fitur-fitur unggulan lain seperti ePustaka yang memungkinkan pengguna bergabung menjadi anggota perpustakaan digital, dan Feed yang berfungsi menampilkan aktivitas pengguna, informasi buku terbaru, dan buku yang dipinjam pengguna lain.

BACA JUGA: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Harus di Rumah Saja #DiRumahAja

Ada pula fitur rak buku virtual. Riwayat buku-buku yang telah pengguna pinjam akan tersimpan di rak buku tersebut. Terakhir, fitur yang tak kalah penting adalah e-Reader yang berfungsi membantu pengguna membaca ebook melalui aplikasi ini.

So, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi iPusnas di smartphone canggihmu. Nggak perlu size yang banyak kok, cuma sekitar 24 MB, dan kamu akan terhubung dengan berbagai jenis genre buku koleksi digital Perpusnas, serta dengan ratusan ribu pencinta buku lain yang juga telah mengunduh aplikasi ini. Dengan iPusnas, membaca buku jadi makin mudah dan menyenangkan. Salam literasi! [Ibnu Majah/Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *