Home / GADGET / Aplikasi Belajar Online untuk Menemani Belajar di Rumah

Aplikasi Belajar Online untuk Menemani Belajar di Rumah

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, siapa saja nih yang sedang belajar di rumah? Beberapa waktu belakangan ini, sebagian sekolah memang memerintahkan siswa-siswinya untuk belajar di rumah. Semuanya demi menjaga kesehatan kita semua dari penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang kini tengan menjadi pandemi dunia.

Belajar di rumah, bukan berarti kita bisa seenaknya saja, lho. Apalagi sampai menggunakan waktu belajar untuk liburan atau jalan-jalan. Big no, ya!

Nih, Smarteen kasih Sobat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar mandiri di rumah, tanpa harus ke mana-mana. Cuma butuh gadget dan jaringan internet saja.

Biasanya, aplikasi ini dipakai untuk bimbingan belajar (bimbel) mandiri. Hayo, siapa nih Sobat Smarteen yang biasanya tiap pulang sekolah, atau saat weekend, masih harus ikut bimbel? Pasti ada banyak, kan?

Ikut bimbel itu baik, kok. Kamu jadi lebih bisa memahami materi pelajaran yang belum kamu pahami di sekolah. Bahkan, sangat mungkin kamu mendapatkan ilmu yang tidak dipelajari di sekolah.

Namun ikut bimbel konvensional itu, tak bisa dipungkiri, sangat melelahkan. Bayangkan saja, sekolah sudah fullday, masih harus mendatangi tempat bimbel, kembali menguras energi untuk belajar. Terus, istirahatnya kapan?

Eits, rileks, Sob. Di era teknologi seperti ini, ada banyak solusi untuk berbagai permasalahan. Termasuk soal bimbel yang melelahkan.

BACA JUGA: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Harus di Rumah Saja #DiRumahAja

Nah, kamu pasti sudah sering dengar tentang bimbel online, kan? Yup, bimbel, tapi lewat gadget. Saat ini, aplikasi bimbel online sudah sangat menjamur. Dari yang berbayar, sampai yang gratis.

Kalau kamu kebetulan adalah siswa yang sudah fulltime banget di sekolah, bisa nih coba pilah-pilih beberapa aplikasi bimbel online berikut ini. Insya Allah prestasimu nggak bakal kalah dengan anak-anak lain.

Di masa-masa social distancing yang mengharuskan Sobat belajar di rumah, aplikasi-aplikasi bembel online ini pun bisa banget buat dimanfaatkan!

Ruangguru

Ini adalah aplikasi bimbel online paling populer di Indonesia saat ini. Dalam rating di Play Store saja, aplikasi ini mendapat penilaian 4.8 dari 5 bintang. Penggunanya pun jutaan. Tercatat, ada lebih dari 10 juta pendownload yang sudah mendownload aplikasi ini via Play Store.

Nah, siapa sih orang di balik aplikasi keren ini? Yup, kamu mungkin sudah sering melihatnya nongol di televisi, setiap akhir pekan. Mereka adalah Adamas Belva Syah Devara (@belvadevara) dan Muhammad Iman Usman (@imanusman). Keduanya adalah putra Indonesia lulusan kampus luar negeri.

Aplikasi Ruangguru ini amat komplet. Kamu bisa belajar berbagai macam mata pelajaran, pada berbagai kelas. Materinya pun disampaikan dengan video dan animasi. Sangat cocok buat kamu yang mudah bosan dengan metode ceramah.

Selain itu, kamu juga bisa latihan soal, dan mendapatkan pembahasannya secara menarik. Jadi kalau kamu salah menjawab, kamu langsung akan dijelaskan jawaban yang tepat. Ruangguru mengajari kamu untuk belajar memahami konsep, bukan hafalan.

BACA JUGA: Tips Agar Bisa Belajar di Rumah dengan Fokus dan Asyik

Oh ya, ukuran aplikasi ini sekitar 27 MB. Nggak terlalu besar, kan? Biaya berlangganannya pun cukup terjangkau, dan sering ada diskon, lho. Di masa-masa social distancing ini, Ruangguru memberikan kesempatan untuk kita buat belajar online secara gratis. Ia juga telah bekerja sama dengan beberapa operator seluler dengan memberikan kuota internet gratis khusus untuk mengakses layanan belajar Ruangguru. Asyik banget, kan?

Quipper

Di Play Store, aplikasi Quipper bisa Sobat unduh dengan ukuran 13 MB saja. Aplikasi ini merupakan bagian dari perusahaan teknologi pendidikan yang berbasis di London, Inggris. Saat ini, layanannya dapat dinikmati di beberapa negara, termasuk Indonesia. Aplikasi Quipper memungkinkan seorang guru untuk membuka kelas virtual kepada murid-muridnya. Sehingga, proses belajar menjadi kian mudah karena tak terbatas ruang dan waktu.

Beberapa fitur yang populer dalam aplikasi ini adalah QuipperSchool berupa sistem manajemen belajar untuk guru dan siswa, QuipperVideo yang berisi e-learning berbasis video online untuk belajar mandiri, QuipperVideo Masterclass berupa QuipperVideo dengan tambahan layanan konsultasi dengan tutor, serta QuipperCampus yang merupakan portal informasi kampus yang lengkap dan berkualitas. Semuanya bisa Sobat nikmati dengan membayar biaya berlangganan. Tentunya cukup terjangkau.

Rumah Belajar

Jika kedua aplikasi bimbel online sebelumnya hanya dapat digunakan setelah kita membayar biaya berlangganan, Rumah Belajar adalah aplikasi bimbel online yang 100 persen gratis. Layanan ini dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) sebagai upaya untuk mempermudah akses belajar anak-anak Indonesia.

Meski gratis, aplikasi ini cukup komplet, sebab telah menyediakan konten pembelajaran berbasis audio, video, gambar, dan animasi. Adapun fitur-fiturnya antara lain Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, dan Peta Budaya.

BACA JUGA: Tips Memilih Laptop buat Anak Sekolah

Jika Sobat pengin mencoba bimbel dengan Rumah belajar, Sobat bisa mengunduh aplikasi Rumah Belajar di Play Store dengan ukuran 12 MB atau mengunjungi situs belajar.kemdikbud.go.id.

Selain aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan, masih banyak aplikasi bimbel online lain yang bisa Sobat gunakan. Selamat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan! [Ibnu Majah/Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *