Home / GADGET / Tips Memilih Laptop buat Anak Sekolah

Tips Memilih Laptop buat Anak Sekolah

Smarteen.co.id — Mengerjakan pekerjaan grafis dengan netbook yang memiliki prosesor rendah tentu akan sangat menghambat. Namun, jika mengerjakan pekerjaan mengetik dokumen dengan laptop gaming yang harganya puluhan juga juga tidak bijak karena tentu saja banyak fitur yang mubazir, tidak termanfaatkan.

Lalu, laptop yang pas itu yang seperti apa sih? Berikut Smarteen akan memberikan ulasan singkat buat kamu yang ingin membeli laptop untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaanmu.

Buat Sobat yang masih sekolah, kebutuhan laptop secara umum bisa diklasifikasikan menjadi dua kategori; kebutuhan untuk office dan grafis. Ada juga kategori gaming, tetapi tentu saja jarang menjadi kebutuhan pokok di bangku sekolah.

Lalu, apa saja perbedaannya, dan digunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah yang bagaimana dua kategori laptop di atas? Yuk, simak ulasannya.

Pertama, laptop untuk office

Saat ini laptop sudah menjadi barang pokok untuk menyelesaikan tugas sekolah, walaupun keberadaannya belum sepenuhnya menggeser keberadaan komputer atau PC dekstop.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Edit Video di Smartphone Buat Kamu yang Pengin Jadi Youtuber

Mengerjakan makalah, browsing materi, dan membuat slide presentasi menggunakan laptop. Namun jika kebutuhannya sekitar itu, Sobat sudah cukup menggunakan netbook atau laptop dengan prosesor yang tidak terlalu tinggi.

Prosesor seperti Intel Celeron dengan RAM 2GB sudah cukup untuk menjalankan tugas-tugas tersebut. Agar lebih nyaman digunakan untuk multitasking (misal mengerjakan artikel sambil memutar musik dan browsing berita) naikkan RAM menjadi 4GB.

Hal yang harus menjadi catatan adalah, kadang dengan prosesor seperti itu, jika harus menginstal aplikasi-aplikasi untuk media pembelajaran secara online masih terlalu berat. Solusinya, kamu bisa beralih menggunakan laptop dengan spesifikasi di atasnya.

Kedua, laptop untuk grafis.

Bagi Sobat yang hobi desain menggunakan CorelDraw, Photoshop, dan aplikasi lain sejenis butuh laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Apalagi jika Sobat adalah siswa SMK yang mengambil jurusan multimedia, tentu kebutuhan untuk bisa leluasa mengerjakan hal-hal yang berkaitan grafis lebih banyak lagi.

Nanti pada saatnya ada tugas sekolah membuat desain, film animasi, maupun editing video. Tentu membutuhkan perangkat yang mumpuni untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Untuk kebutuhan yang seperti ini, Sobat bisa menggunakan laptop dengan prosesor sekelas Intel Core i3, Intel Core i5 atau yang lebih tinggi, tentu saja sesuaikan dengan kemampuan budget yang ada ya.

BACA JUGA: Keuntungan dan Kerugian Memotret dengan Format RAW

Selain prosesor, hal yang harus menjadi pertimbangan selanjutnya adalah Graphics Processing Unit (GPU). Biasanya yang sering digunakan dalam laptop adalah GPU NVIDIA atau Radeon.

Jangan lupa juga kapasitas RAM dan harddisk sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar RAM semakin bertenaga pula laptop untuk diajak multitasking dan mengedit video.

Kapasitas harddisk juga layak untuk Sobat perhatikan, jika kamu termasuk orang yang sering membuat film dalam kualitas tinggi dan menyimpan file di dalam laptop tentu akan menjadikan harddisk cepat penuh.

Dua kategori di atas adalah kategori yang sering digunakan untuk kebutuhan di sekolah. Selamat berkarya, Sobat. Jangan lupa untuk memilih dan memilah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dipunya.

Tak perlu minder dengan kemampuan perangkat yang minim, selama kamu bisa mengoptimalkan dengan baik, laptopmu masih bisa kok untuk diajak berkarya dan berprestasi di sekolah maupun di luar sekolah. []

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *