Home / GADGET / Jenis-Jenis PowerBank, Dari untuk Smartphone sampai Aki Mobil

Jenis-Jenis PowerBank, Dari untuk Smartphone sampai Aki Mobil

Smarteen.co.id — Peranti ini sering dibawa bersama smartphone, terutama kalau sedang traveling atau yang sedang dalam perjalanan. Walaupun smartphone saat ini sudah banyak yang dibekali dengan baterai jumbo, tetapi tetap saja, perangkat ini masih laku keras oleh pengguna smartphone.

Saat belum banyak smartphone dengan Operating System (OS) Android, cikal bakal powerbank sudah ada. Kala itu, powerbank masih berbentuk tabung sebagai slot untuk baterai AA yang kemudian terdapat kabel penghubung yang disesuaikan dengan port handphone yang beredar saat itu. Beda merek handphone, beda pula model port charger yang digunakan, sehingga variasi kabel yang ada pun beragam.

Saat ini powerbank masih menjadi peranti favorit untuk backup tenaga cadangan smartphone saat dibawa bepergian. Namun, sesuai perkembangan zaman, tuntutan akan adanya tenaga cadangan ini tidak hanya diperuntukkan bagi smartphone saja. Bahkan, laptop hingga aki pada kendaraan bermotor pun butuh powerbank. Seberapa besar?

Powerbank untuk Laptop

Bagi orang yang sering menggunakan laptop di luar ruangan tentu masalah ketahanan baterai menjadi hal yang sangat vital. Bagaimana tidak, jika sudah membawa laptop yang berukuran besar dengan harapan bisa menyelesaikan tugas di luar ruangan atau di tempat-tempat yang jauh dari stop kontak listrik tetapi kemudian baterai habis.

BACA JUGA: Tips Memilih Laptop buat Anak Sekolah

Produsen perangkat elektronik pun jeli melihat fakta ini, kemudian dibuatlah powerbank dengan daya yang besar sehingga mampu untuk mengisi baterai laptop.

Daya yang dimiliki powerbank laptop sebaiknya di atas 10.000 mAh. Dikutip dari klikmania.net, powerbank laptop yang memiliki daya di atas 10.000 mAh terbukti mampu membuat baterai laptop terisi hingga 70%, angka yang cukup fantastis kan, Sobat?

Setidaknya dengan powerbank tersebut, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu satu hingga satu setengah jam lebih lama.

Sebelum memutuskan untuk membeli powerbank laptop, ada baiknya simak beberapa poin berikut. Pastikan daya yang dikeluarkan powerbank sama dengan tegangan yang dikeluarkan oleh charger laptop. Secara umum 12V-20V, sesuaikan daya ini agar tidak terjadi kerusakan pada baterai maupun laptop itu sendiri.

Untuk brand yang mengeluarkan produk powerbank laptop pun beragam, di antaranya; Apacer dengan daya 11.400 mAh, Asus ZenPower Max yang memiliki kapasitas daya hingga 26.800 mAh, ada juga Blade Stealth yang memiliki kapasitas 12.800 mAh, dan yang lainnya.

Pastikan sebelum membeli, Sobat sudah mempertimbangkan matang-matang mana powerbank laptop yang paling pas dan terjangkau di kantong. Karena secara harga, powerbank laptop memang tidak murah, berada di kisaran harga Rp 500 ribuan hingga Rp 2 juta.

Powerbank untuk Aki Mobil

Powerbank yang satu ini memang memiliki daya yang tidak jauh berbeda dengan powerbank yang digunakan untuk laptop. Salah satu brand yang mengeluarkan produk jenis ini adalah ANKER. Produk powerbank asal Negeri Paman Sam ini memiliki daya 10.000 mAh.

BACA JUGA: AxiDraw V3, Robot yang Bisa Menulis dan Menggambar

Powerbank yang satu ini memiliki output arus listrik sebesar 400 Ampere sehingga bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada aki mobil yang mengalami penurunan performa karena usia atau faktor lain.

Mengutip dari teknologi.inilah.com, powerbank ini dilengkapi dengan paket kabel jumper starer dan juga colokan charger pada mobil dan charger standar yang digunakan sehari-hari dalam kemasan penjualannya. Jadi selain berfungsi sebagai jumper aki mobil, powerbank ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik lain yang sesuai dengan port dan kabel yang disediakan.

Selain ANKER, ada juga produk lain yang sudah familier dengan produk powerbank untuk smartphone seperti Vivan. Powerbank Vivan JP10 memiliki kapasitas 10.000 mAh, tidak berbeda dengan produk sebelumnya. Powerbank ini mampu menjadi jumper untuk kendaraan bermesin hingga 3.000 cc dan mampu melakukan jumping sebanyak 10x.

Untuk harga powerbank jenis ini pun bervariasi, mulai dari 900 ribuan hingga 2 jutaan. Jadi, ke depan akan adakah powerbank dengan daya yang lebih besar lagi? []

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *