Home / GADGET / AxiDraw V3, Robot yang Bisa Menulis dan Menggambar

AxiDraw V3, Robot yang Bisa Menulis dan Menggambar

Pernahkah Sobat mendengar robot yang bisa menulis dan menggambar, bahkan lebih baik daripada manusia? Seiring perkembangan teknologi yang makin maju, peran tangan seakan digantikan oleh robot-robot berteknologi canggih. Salah satunya alat yang bernama AxiDraw V3.

Alat yang sudah tersedia di pasaran ini merupakan suatu mesin printer untuk menggambar dan menulis. Tidak seperti printer pada umumnya, tulisan atau gambar yang dihasilkan AxiDraw V3 dibuat menggunakan alat tulis yang dipasang pada bagian ujung alat ini.

Menariknya, Sobat bisa mengganti alat tulis tersebut dengan alat tulis favorit. Bisa diganti spidol, pena, pensil, dan alat tulis lainnya. Luar biasa, kan? Singkatnya, AxiDraw V3 ini merupakan robot printer yang memiliki holder untuk alat tulis. Selanjutnya, alat ini akan bekerja layaknya tangan manusia yang menulis atau menggambar sesuai dengan instruksi yang diberikan.

AxiDraw V3 berbeda dengan mesin printer biasa, di mana ia biasanya memiliki struktur tulisan baku sesuai jenis tulisan yang ada pada komputer. AxiDrawV3 sepenuhnya menggunakan perangkat lunak source gratis dari InkScape dan RoboPaint, sehingga pengguna dapat mengatur mesin agar meniru tulisan dengan bantuan kamera.

Kecepatan menulisnya pun dapat diketahui ketika mesin ini menarik sebuah garis lurus. Dalam waktu satu detik, ia mampu membuat garis sepanjang 11 inci. Selain itu, AxiDraw V3 juga mampu memegang alat tulis hingga sudut 45 derajat.

Untuk masalah hasil, Sobat tak perlu khawatir. Alat ini mampu membuat gambar atau tulisan yang begitu mirip dengan apa yang ditampilkan pada layar komputer, layaknya printer biasa. Uniknya, tinta yang digunakan adalah dari alat tulis yang biasa digunakan secara manual dengan tangan. Jadi, printer ini seolah membuat tulisan tangan, tetapi dengan hasil yang sangat rapi an menarik.

Selain tulisan, AxiDraw V3 juga bisa membuat gambar. Caranya pun sama, cukup dengan memasukkan gambar ke dalam software aplikasi, dan printer akan mencetak dengan cara menggambar selayaknya menggunakan tangan.

Siapa yang membuat alat ini?

Printer canggih ini dibuat oleh dua perusahaan bernama Evil Mad Scientist Laboratories dan Lindsay Wilson of IJ Instrument Ltd. Sebelumnya, kedua perusahaan ini telah merilis dua produk sejenis, dan AxiDraw V3 ini merupakan versi ketiga dengan berbagai penyempurnaan.

Perbedaan AxiDraw V3 dari versi sebelumnya terletak pada mekanisme yang lebih ditingkatkan dengan fitur roda bergulir halus pada ekstrusi (pemberian bentuk) aluminium custom yang dirancang khusus untuk kekakuan tinggi dan ringan. Desain dan peningkatan ini mampu memberi output yang lebih halus serta memungkinkan untuk bekerja hingga dua kali lipat lebih cepat dari versi sebelumnya.

Perangkat AxiDraw V3 ini bisa digunakan pada berbagai platform dengan sistem operasi seperti Mac, Windows, ataupun Linux.

Saat ini, satu unit AxiDraw V3 dibanderol dengan harga sekitar US$ 475 atau setara Rp. 7 juta. Nah, apakah Sobat tertarik untuk mencobanya? [Dina Septiana/Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *