Home / EKSIS ABIS / Pemuda Berprestasi di Tangerang Ini Ingin Bermanfaat Bagi Masyarakat, Simak Apa yang Dia Lakukan!

Pemuda Berprestasi di Tangerang Ini Ingin Bermanfaat Bagi Masyarakat, Simak Apa yang Dia Lakukan!

Smarteen.co.id — Salah satu hadis Nabi Saw ada yang berbunyi, “Khairunnas anfa’uhum linnas.” Maknanya, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi lainnya.” [HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni]

Hal ini, bagi Ikhwan Nurhakim El Islami menjadi sebuah motivasi untuk menjalani hidup. “Guru saya pernah berkata tentang hadis tersebut, dan itu membuat saya makin semangat untuk mewujudkan cita-cita saya menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar pelajar Program Agama MAN 2 Kota Tangerang itu.

Sejak kecil, Ikhwan memang memiliki ketertarikan dalam bidang dakwah. Ia begitu ingin menjadi seorang ulama yang mengajarkan kebaikan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, ia pun kerap tampil ceramah sebagai dai di berbagai kesempatan.

Tak hanya itu, Ikhwan juga kerap mengikuti berbagai perlombaan dai dan menjadi juara. Beberapa di antaranya adalah lomba dai tingkat Kota Tangerang, ia berhasil menyabet juara pertama. Selanjutnya, saat mengikuti lomba dai antar-pondok pesantren tingkat Provinsi Banten, Ikhwan berhasil meraih juara harapan I.

Pelajar Berprestasi

BACA JUGA: Kenalan dengan Varel Albany, Pelajar Berprestasi di Karanganyar yang Pintar Mengelola Waktu

Berbagai prestasi ini tentu saja tak lepas dari kerja keras dan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, salah satunya guru. “Saya punya guru yang selalu memotivasi, beliau adalah seorang tokoh agama di kampung saya. Beliau mengajarkan pada saya tentang bagaimana cara berceramah dan berbicara yang baik di depan banyak orang, serta cara membuktikan kebenaran suatu dalil,” jelas Ikhwan.

Di samping itu, peran orang tua pun tak kalah besar. Ridhollahi fi ridho walidain (rida Allah adalah ridanya orang tua). Ikhwan pun percaya bahwa di balik segala capaian yang ia raih selama ini terdapat doa dan dukungan dari orang tuanya. Oleh sebab itu, tiap kali akan melakukan sesuatu—seperti mengikuti lomba—Ikhwan selalu meminta restu dari orang tua.

“Alhamdulillah orang tua selalu men-support saya dalam berbagai hal. Apalagi kalau mengikuti lomba dai. Lomba seperti ini kan positif, bisa membentuk generasi pemuda yang dapat membangun bangsa dan agama,” paparnya.

Untuk Sobat semua, Ikhwan punya pesan agar kita tidak perlu malu untuk berbicara di depan orang, dan ketika mendapat kesempatan, kita harus mengambilnya. Menurutnya, suatu kesempatan tidak akan datang dua kali, dan itu merupakan langkah menuju kesuksesan. []

TEEN JOURNALIST
Ika Amalia
MAN 2 Kota Tangerang

About Ibnu

Check Also

Alat Pendeteksi Gempa

Keren! Dua Siswi di Kudus Ini Ciptakan Alat Pendeteksi Gempa

Smarteen.co.id — Siapa bilang dunia robot hanya digemari anak laki-laki? Beberapa waktu lalu, dua siswi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *