Home / EKSIS ABIS / Kenalan dengan Varel Albany, Pelajar Berprestasi di Karanganyar yang Pintar Mengelola Waktu

Kenalan dengan Varel Albany, Pelajar Berprestasi di Karanganyar yang Pintar Mengelola Waktu

Smarteen.co.id — Varel Albany Setyawan, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar ini tak hanya menonjol pada sisi akademik saja, ia juga terkenal dengan kepribadiannya yang ceria, ramah, dan memiliki sejuta pengalaman.

Varel merupakan kontingen Provinsi Jawa Tengah dalam Forum Anak Nasional 2018 di Surabaya serta pendiri organisasi Education For Nations Provinsi Jawa Tengah. Ia juga berkesempatan untuk dialog secara langsung dengan gubernur Jawa Tengah dan bupati Karanganyar dalam menyampaikan usulan tentang pemenuhan hak anak di Karanganyar.

Dalam bidang akademik, Varel terkenal cerdas. Nilai pelajaran kimia setiap ulangan rata-rata sempurna. Remaja 17 tahun ini juga memperoleh penghargaan sebagai pembicara terbaik debat bahasa Indonesia tingkat kabupaten, serta juara III Lomba Cerdas Cermat (LCC) MPR RI 2018 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Varel Albany
Foto Varel Albany

Varel biasanya membagi waktu dengan membuat skala prioritas. Selain itu, ia memiliki mindset bahwa diri sendiri perlu digembleng, karena jika terus melayani ego dan bermalas-malasan, pekerjaan pasti terbengkalai.

“Misalnya, aku minggu depan ada kegiatan, lalu tugas seminggu ke depan aku list. Kemudian aku kerjakan di hari Sabtu dan Minggu. Sehingga di hari reguler, tugasku sudah selesai dan aku bisa fokus pada kegiatan,” tutur siswa kelahiran Karanganyar, 27 Oktober 2001 tersebut.

BACA JUGA: Profil Siswa Berprestasi; M. Fauzan Syahbana, Juara Olimpiade yang Seimbangkan Ilmu Dunia dan Akhirat

Bagi Varel, orang tua adalah motivasi untuk berjaya, karena perjuangan orang tua dalam menyekolahkan anaknya tidaklah mudah. “Kita belum bisa membahagiakan orang tua, kenapa harus membahagiakan orang lain? Masa muda ialah masa di mana kita bisa meng-explore diri secara lebih,” jelasnya.

Berprestasi saja tidak cukup, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Begitulah moto hidup yang terpatri dalam hati Varel. Ia berharap kepada Sobat semua agar bisa berpikir kritis, realistis, dan selalu teguh pada pendirian.

“Kita adalah generasi penerus bangsa. Lakukan kegiatan positif agar kita mampu meningkatkan kapasitas sebagai generasi milenial yang berkualitas,” pungkasnya. []

TEEN JOURNALIST
Fatimah Novi Hanggrahini
SMAN 1 Karanganyar

About Ibnu Majah

Check Also

Juara Olimpiade

Profil Siswa Berprestasi; M. Fauzan Syahbana, Juara Olimpiade yang Seimbangkan Ilmu Dunia dan Akhirat

Smarteen.co.id — Menjadi siswa berprestasi di era milenial ini tentu tidak mudah, persaingan telah menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *