Home / JALAN-JALAN / Tips Seru Isi Liburan Sekolah dengan Aktivitas Bermanfaat

Tips Seru Isi Liburan Sekolah dengan Aktivitas Bermanfaat

Smarteen.co.id — Tidak terasa kita sudah bertemu dengan bulan Desember lagi. Ini artinya, masa liburan sekolah setelah menghadapi ujian akhir semester akan segera datang.

Yeaaay! Liburan—entah itu bagi anak-anak, ataupun bagi kita yang sudah remaja, tetap saja menjadi momen yang menggembirakan. Iya, kan?

Nah, agar momen liburan kali ini nggak berakhir ‘gitu-gitu’ aja, Smarteen sudah merangkum beberapa tips untuk menyambut momen rehat ini. So, selama liburan, kita tetap bisa menjadi pemuda yang produktif.

Liburan Sekolah untuk Menyusun Resolusi

Kenapa harus menyusun resolusi? Jawabannya simpel, mumpung masa liburan kali ini bertepatan dengan momen pergantian tahun masehi, jadi sambil menyelam, minum air dong.

Di antara kita semua, pasti ada orang-orang yang lebih suka menjalani hidup ini seperti aliran air—ya pokoknya ikut saja lah ke mana aliran itu akan membawa. Sebenarnya tidak masalah, boleh-boleh saja kita punya pemikiran seperti ini.

Namun, alangkah baiknya jika kita punya tujuan yang jelas untuk apa kita hidup, dan hal ini salah satunya bisa diwujudkan dengan membuat resolusi menjelang pergantian tahun.

Yap, resolusi! Secara singkat, hal ini bisa diartikan sebagai rencana yang akan diwujudkan selama beberapa waktu ke depan. Tanpa resolusi sekalipun, sebenarnya kita masih bisa menjalani hari-hari dengan lancar.

Namun, jika kita sudah mempersiapkan resolusi secara matang, tentu perjalanan hidup kita akan terasa lebih bermakna. Tujuan-tujuan kita lebih jelas dan tertata. Sehingga, bukan tidak mungkin kita akan menjadi seseorang yang jauh lebih berguna bagi masyarakat dan juga lingkungan.

BACA JUGA: 3 Hidden Gems Wisata Instagramable Bandung Ini Keren Abis!

Jika ada pertanyaan, resolusi apa saja sih yang penting dipersiapkan sejak sekarang? Jawabannya gampang-gampang susah. Semua bergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Apa yang ingin kamu capai, ya itulah yang harus kamu jadikan resolusimu.

Misalnya kamu bisa membuat resolusi finansial. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih banyak menabung, mulai berbisnis kecil-kecilan, atau semakin rutin mengikuti perlombaan.

Semuanya demi menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk biaya melanjutkan studi. Hm… sudah saatnya juga kan kamu memikirkan kelak setelah lulus mau lanjut ke mana?

Intinya, semakin detail resolusi kamu, akan semakin baik. Kalaupun dalam perjalanannya kamu harus mengubah resolusi tersebut, ya tidak masalah. Toh semua demi kebaikanmu sendiri.

Termasuk jika resolusi yang sudah disusun itu tak bisa diwujudkan, ya nggak pa-pa. Nggak perlu menyesal. Masih ada tahun berikutnya. Ya, bisa jadi Allah masih menyiapkan waktu paling tepat buat kita untuk mewujudkan rencana tersebut.

Quality Time Bersama Orang-Orang Tercinta

Setelah resolusimu tersusun dengan rapi, kini saatnya kamu menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta—bisa keluarga ataupun para sahabat. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar kebersamaan tersebut senantiasa berkualitas.

Saling tukar pikiran, membahas berbagai pengalaman yang telah dilalui, saling memberi masukan, dan sebagainya. Nggak sering lho kamu bisa kumpul-kumpul sama orang-orang ini.

BACA JUGA: Tips Liburan Akhir Tahun yang Tenang dan Berkualitas

Jadi, ya mumpung liburan sekolah—yang biasanya cukup panjang, puas-puasin deh bercengkerama dengan mereka. Ini termasuk mempererat tali silaturahmi juga, kan.

Oh ya, kalau perlu, agendakan pula untuk berlibur ke suatu tempat. Nikmati suasana baru untuk mengisi hari-hari tanpa sekolah. Lupakan segala masalah sesaat, sebab tubuh dan pikiran kita juga perlu rehat.

Setelah itu, saat semangat kita sudah kembali seratus persen, hadapi semua layaknya pendekar. Bisa!

Kalau kamu punya ide lain yang lebih asyik buat menyambut liburan sekolah, asal itu positif, jangan ragu untuk dijalankan. Introspeksi atau muhasabah diri, mengikuti kajian, bakti sosial, dan lainnya, bisa banget buat masuk list agenda liburan. Semangat ya! [Majalah Smarteen Edisi Desember 2019]

About admin

Check Also

Wisata JOP Jepara

JOP, Destinasi Wisata di Jepara yang Cocok Buat Uji Adrenalin

Smarteen.co.id — Pertengahan September lalu, saya berkesempatan jalan-jalan ke kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *