Home / JALAN-JALAN / Tips Liburan Akhir Tahun yang Tenang dan Berkualitas

Tips Liburan Akhir Tahun yang Tenang dan Berkualitas

Smarteen.co.id — Menjelang akhir tahun, biasanya rutinitas kita mulai berkurang intensitasnya. Inilah saatnya kita memanfaatkan waktu luang itu untuk berlibur. Sekalipun masih pandemi, kita juga butuh rehat sejenak dari berbagai aktivitas, Sob. Nanti saat tiba waktunya kembali ke rutinitas, jiwa dan raga kita akan siap untuk ‘bertarung’ lagi.

Nah, di masa pandemi seperti ini, kita perlu kiat khusus untuk mengisi liburan akhir tahun. Berikut ini Smarteen bagikan beberapa tips agar liburan akhir tahun kamu tetap tenang dan berkualitas.

Kurangi Penggunaan Ponsel

Selama ini, kita sering membuka ponsel untuk berbagai keperluan. Mulai dari meng-update informasi, mencari referensi penunjang pembelajaran, hingga berselancar media sosial dan main game sampai lupa waktu.

Maka, di momen liburan ini kita perlu membatasi akses terhadap ponsel, khususnya untuk hal-hal kurang bermanfaat. Awalnya memang sulit, tapi ini sekaligus untuk membantu kita dalam mengurangi ketergantungan terhadap ponsel dan meningkatkan kesehatan mental.

BACA JUGA: 8 Jenis Pekerjaan Seru buat Kamu yang Berjiwa Petualang

Untuk mewujudkannya, kita bisa menghapus semua aplikasi media sosial/game yang ada di ponsel. Jika terasa sulit, kita bisa menggunakan fitur sembunyikan aplikasi di pengaturan atau dengan memasang aplikasi seperti Applock yang dibarengi pemberian password panjang.

Dengan demikian, kita perlu perjuangan lebih saat hendak mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Nah loh, setelah ini, yakin masih sanggup ngetik password panjang berulang demi main ponsel?

Saat fokus kita terhadap gadget bisa dialihkan, kita bisa memanfaatkan waktu untuk banyak hal bermanfaat. Tentu ini akan membuat liburan kita makin tenang dan berkualitas.

Luangkan Waktu Bersama Keluarga

liburan

Selama pandemi, kegiatan kita memang jadi lebih banyak di rumah saja. Namun, bukan berarti itu otomatis membuat kita dekat dengan keluarga.

Selama di rumah, sebagian besar waktu kita digunakan untuk beraktivitas secara daring. Oleh karena itu, di masa liburan ini, kita perlu meluangkan waktu bersama keluarga.

Kegiatan seperti membantu pekerjaan orang tua, menanam bersama, makan bersama, bahkan sekadar berkumpul sambil bercerita bersama keluarga pun sudah bisa disebut sebagai liburan, lho.

Bukankah banyak yang bilang, “Tidak penting liburan itu ke mana, tapi dengan siapa kita melakukannya.” Menjadi dekat dengan keluarga pasti akan membuat liburan semakin tenang dan berkualitas.

Liburan Akhir Tahun dengan Evaluasi Diri

Ini adalah momen akhir tahun. Artinya, kita perlu mengevaluasi diri kita setelah menjalani hari-hari selama satu tahun penuh, sudahkah kita memanfaatkan tahun ini dengan baik, atau justru sebaliknya?

Evaluasi diri penting untuk dilakukan, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 44, “Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan dirimu sendiri…”

BACA JUGA: 3 Hidden Gems Wisata Instagramable Bandung Ini Keren Abis!

Inilah momen untuk kita mempersiapkan semuanya dari awal. Jika hasil evaluasi baik, ke depan harus kita tingkatkan. Namun jika masih kurang ini dan itu, di masa yang akan datang harus kita perbaiki. Tanpa evaluasi diri, kita tak akan punya pandangan untuk menjalani hari-hari esok dengan lebih bermanfaat.

Menyusun Resolusi Tahun Baru

Sebagai kelanjutan dari evaluasi diri, kita perlu menyusun resolusi tahun baru. Hal-hal apa saja yang akan kita lakukan tahun depan, sudah harus jelas akhir tahun ini. Meskipun kelak, seiring berjalannya waktu, semua rencana masih bisa berubah. Namun, saat semuanya sudah clear di awal, kita akan memiliki fokus yang jelas.

Sebagian orang mungkin meremehkan resolusi, padahal resolusi bisa memotivasi dan menuntun kita untuk mencapai hal yang belum bisa diraih tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Pantai Nampu Wonogiri, Surga Dunia di Balik Perbukitan Karst

Resolusi pun tak bisa dibuat asal, pastikan kita menulis tujuan secara spesifik disertai langkah-langkahnya. Perlahan, tapi konsisten, tidak apa-apa.

Menghabiskan momen liburan dengan aktivitas seperti ini, jelas akan membuat masa liburan kian tenang dan berkualitas. Kelak saat kita harus kembali menjalani realitas, semuanya tinggal dijalani sebagaimana yang telan direncanakan. []

TEEN JOURNALIST
Adi Suwarno
SMAN 1 Cileungsi, Kab. Bogor

 

About admin

Check Also

Wisata JOP Jepara

JOP, Destinasi Wisata di Jepara yang Cocok Buat Uji Adrenalin

Smarteen.co.id — Pertengahan September lalu, saya berkesempatan jalan-jalan ke kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *