Home / FASHION / Fotografi Aliran Air; Panduan Singkat untuk Membuatnya

Fotografi Aliran Air; Panduan Singkat untuk Membuatnya

Smarteen.co.id — Air yang mengalir bisa dikreasikan menjadi panorama menakjubkan dalam lensa kamera. Salah satunya dengan membuatnya tampak lembut layaknya kapas.

Sobat Smarteen tentu sudah pernah lihat kan, berbagai foto aliran air—baik yang ada di sungai, air terjun, atau berupa ombak di lautan—yang tampak soft dan sangat nyaman dilihat?

Nah, itulah panorama yang dimaksud. Kira-kira, bagaimana ya cara membuatnya? Simak ulasan ini terus, ya!

Pada dasarnya, jenis foto seperti ini dapat dibuat dengan teknik slow speed. Prinsip teknik ini, jika Sobat perhatikan secara detail, sebenarnya juga dipakai dalam pembuatan foto bulb malam hari—yaitu teknik fotografi yang menggambarkan suatu objek dengan cahaya.

Contohnya, foto suasana malam jalan perkotaan yang tampak seperti garis-garis bercahaya. Gerakan cahaya lampu terekam oleh sensor kamera karena kecepatan rana (shutter speed) di atur rendah. Gerakan motion blur lampu tertangkap dengan sempurna oleh sensor kamera.

fotografi aliran air

BACA JUGA: Cara Menciptakan Refleksi yang Menarik dalam Fotografi

Nah, untuk membuat foto dengan teknik slow speed seperti ini, kita membutuhkan tripod beserta kamera yang bisa diatur shutter speed-nya.

Secara prinsip, gerakan seperti kapas yang muncul pada foto slow speed air mengalir terjadi seperti munculnya garis bercahaya pada foto bulb malam hari, yaitu akibat gerakan blur (motion blur) air yang tertangkap oleh sensor kamera. Maka supaya gerakan ini bisa muncul, kita membutuhkan shutter speed yang cukup lambat—paling tidak 1 detik.

Di samping itu, untuk membuat foto slow speed air mengalir agar makin ciamik,  Sobat bisa menerapkan beberapa tips ini. Mulai dari mengatur kamera pada ISO 100, menggunakan aperture priority dengan pengaturan awal f-stop sekecil mungkin—misalnya f/22, memastikan shutter speed pas—sebab semakin lama kecepatannya maka gerakan air akan terlihat semakin lembut, tetapi jika terlalu lama juga akan menimbulkan banyak bagian yang over exposure.

Selanjutnya, maksimalkan kreativitas Sobat untuk menghasilkan objek foto aliran air yang keren dan bisa membuat kagum siapa saja yang melihatnya. Happy photo hunting! [Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

batik keren

Kiat Memilih Batik untuk Anak Muda

Smarteen.co.id – Dua bulan lalu, tepatnya pada tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai Hari Batik Nasional. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.